1.1.a.6. Refleksi Terbimbing - Presentasi Kerangka Filosofis ‘Merdeka Belajar’

 

Refleksi filosofis pemikiran Ki Hadjar Dewantara


1.      Apa pengetahuan dan pengalaman baru yang saya dapat setelah mempelajari secara mendalam pemikiran-pemikiran Ki Hadjar Dewantara?

Pengetahuan dan pengalaman baru yang saya peroleh adalah, Ki Hajar Dewantara memandang proses pendidikan adalah proses menuntun segala kodrat pada anak. Dari pemikiran ini dapat diartikan bahwa guru seharusnya bertindak sebagai fasilitator dalam pembelajaran, serta menjadi teladan dalam bersikap sehari-hari. Bukan hanya sekedar mengajar, mentransfer ilmu saja tanpa memperhatikan karakter unik setiap siswa. Guru memegang peran penting dalam tumbuh kembang potensi yang dimiliki anak, bagaimana guru menuntun dan mengarahkan anak menjadi penentu perkembangan dari belajar anak, dan juga pengalaman yang saya peroleh adalah bagaimana kerja sama dan kolaborasi yang solid untuk mendapatkan sebuah hasil yang kreatif dan inovatif.

2.      Apa kekuatan saya dalam menerapkan pengetahuan dan pengalaman baru ini? 

Kekuatan saya dalam menerapkan pengetahuan dan pengalaman baru ini adalah saya sangat antusias dan bersemangat untuk mempelajari tentang pengetahuan ini dan saya akan belajar dengan maksimal untuk meningkatkan kemampuan saya dalam proses belajar mengajar yang kreatif dan inovatif. Saya memiliki kemampuan dalam teknologi komputer guna mendukung pembelajaran dalam kegiatan ini, dan saya juga memiliki kedekatan emosianal dengan siswa, saya tidak malu bergaul atau berbincang dengan mereka, dan saya dapat berbaur dengan pemikiran dan mengikuti hal-hal yang sedang trend seperti mereka.

3.      Apa hal-hal yang perlu saya ubah dari diri saya agar dapat menerapkan pengetahuan dan pengalaman baru ini?

Hal-hal yang perlu saya ubah dari diri saya agar dapat menerapkan pengetahuan dan pengalaman baru ini adalah, saya akan mencari dan menggunakan model pembelajaran yang di ajarkan di program guru penggerak. Sehingga siswa dapat belajar dengan hati gembira, tidak bosan dan lebih tertarik lagi untuk mengikuti proses belajar mengajar.

4.      Apa perubahan konkret yang akan saya lakukan setelah memahami pemikiran Ki Hadjar Dewantara?

Perubahan konkret yang akan saya lakukan setelah memahami pemikiran Ki Hadjar Dewantara adalah siswa sangat antusias mengikuti Pembelajaran, siswa dapat menemukan hal – hal baru yang dapat mendukung kehidupan mereka secara positif.


Komentar

Postingan Populer

1.1.a.4. Eksplorasi Konsep - Refleksi Diri Tentang Pemikiran Ki Hadjar Dewantara

Forum Komunikasi Fasilitator dan Peserta Modul 3.2

3.2.a.5. Ruang Kolaborasi - Forum Kelompok