3.1.a.10.1. Jurnal Refleksi - Minggu 17

dalam jurnal Refleksi minggu ke 17 ini saya membuat refleksi dengan 

Model 4 F (Fact, Feelings, Findings, Future)



Fact

Modul 3.1 diawali dengan pretest yang cukup sulit. Diawal soal materi yang belum saya kenali sebelumnya, dengan soal soal cerita yang panjang, sulit sekali memahami makna didalamnya. Dan memang saya lemah dalam memahami kalimat yang panjang seperti itu, Akhirnya saya mendapatkan nilai  yang tidak memuaskan. 

Hari berikutnya saya masuk pada sesi eksplorasi konsep mandiri. Perlahan lahan saya belajar memahami setiap materi yang disajikan. Sungguh seolah olah saya dilatih untuk menjadi pemimpin disekolah yang menghadapi banyak kasus untuk diputuskan. Materi demi materi saya serap dengan sedikit kemampuan saya. Saya berharap hari berikutnya saya akan mendapatkan kefahaman mendalam seiring proses alur Merdeka.

Feeling

Saat pretest, seperti biasanya saya tidak ambil pusing dengan nilai. Justru dengan nilai pas pasan tersebut menjadi pemicu semangat saya untuk mendalami materi ini. Rasa penasaran berkecamuk dalam hati, sebenarnya apa gunanya materi ini pada saya sebagai seorang guru. Bingung, karena sulit sekali memahami step by step dalam menganalisis sebuah kasus

Findings

Berganti alur menuju diskusi dan kolaborasi, disini saya mulai menemukan sedikit petunjuk untuk lebih memahami materi pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran, dengan berbagai paradigma, prinsip dan langkah mengambil keputusan. Dengan membaca dan mencermati berbagai kasus, ternyata setiap orang termasuk saya sebagai guru di sekolah sering mengalami dilema etika dan bujukan moral seperti itu. Jadi disini saya seolah digembleng untuk siap dalam menghadapi kasus yang kelak bisa saja terjadi dihadapan saya.

Future

Semaksimal mungkin saya akan belajar untuk memahami materi ini, agar ketika berhadapan langsung dengan kasus, saya sudah siap untuk mengambil keputusan yang bijaksana. Semoga terwujud, Aamiin

Komentar

Postingan Populer

1.1.a.4. Eksplorasi Konsep - Refleksi Diri Tentang Pemikiran Ki Hadjar Dewantara

Forum Komunikasi Fasilitator dan Peserta Modul 3.2

3.2.a.5. Ruang Kolaborasi - Forum Kelompok