3.2.a.10.3. Jurnal Refleksi - Minggu 22

3.2.a.10.3. Jurnal Refleksi - Minggu 22


Model 1: 4F (Facts, Feelings, Findings, Future)

4F merupakan model refleksi yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway.

  1. Facts (Peristiwa):

Pada minggu ini saya menyelesaikan Modul 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya. Pada prosesnya hal baik yang saya alami adalah bahwa pembelajaran materi ini sangat bermanfaat, dan merupakan hal baru bagi saya. Pada prosesnya tidak ada hambatan atau kesulitan berarti selama proses pembelajaran ini. Saya selalu mendapatkan informasi dari Fasilitator dan selalu berdiskusi dengan rekan rekan CGP sehingga hal tersebut sangat membantu.

 

  1. Feelings (Perasaan):

Selama pembelajaran berlangsung, saya merasa tertantang dan termotivasi untuk menerapkannya pada aksi nyata di sekolah, karena menurut saya apa yang saya pelajari ini sangat relevan dengan permasalahan yang dihadapi di sekolah saya, sehingga dengan mempelajari materi ini semoga menjadi alternatif solusi untuk meningkatkan kualitas belajar.

 

  1. Findings (Pembelajaran):

Pembelajaran yang saya dapatkan dari proses ini bahwa dalam pengeloalaan sumber daya sebelum ini saya lebih banyak menggunakan Pendekatan berbasis kekurangan/masalah (Deficit-Based Thinking). Memusatkan perhatian pada apa yang mengganggu, apa yang kurang, dan apa yang tidak bekerja. Biasanya saya harus bisa mengatasi semua kekurangan atau yang menghalangi tercapainya kesuksesan yang ingin diraih. Terkadang hal tersebut membuat saya merasa tidak nyaman dan buta terhadap potensi dan peluang yang ada di sekitar.

Pada materi ini saya diperkenalkan kepada Pendekatan berbasis aset (Asset-Based Thinking) yaitu sebuah konsep yang dikembangkan oleh Dr. Kathryn Cramer, seorang ahli psikologi yang menekuni kekuatan berpikir positif untuk pengembangan diri. Pendekatan ini merupakan cara praktis menemukan dan mengenali hal-hal yang positif dalam kehidupan, dengan menggunakan kekuatan sebagai tumpuan berpikir.

Pendekatan ini merupakan cara praktis menemukan dan mengenali hal-hal yang positif dalam kehidupan, dengan menggunakan kekuatan sebagai tumpuan berpikir.


  1. Future (Penerapan):

Setelah mendapatkan materi Modul 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya, maka dalam pengelolaan sumber daya saya akan lebih memusatkan perhatian pada apa yang bekerja, yang menjadi inspirasi, yang menjadi kekuatan (modal/aset) serta fokus pada potensi yang positif. Saya akan mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi ekosistem sekolah, mengelola sumber daya yang ada di sekolah dengan menggunakan pendekatan Pengembangan Komunitas berbasis Aset (Asset Based Community Development/ABCD) untuk berusaha meningkatkan kualitas proses pembelajaran murid.

Komentar

Postingan Populer

1.1.a.4. Eksplorasi Konsep - Refleksi Diri Tentang Pemikiran Ki Hadjar Dewantara

Forum Komunikasi Fasilitator dan Peserta Modul 3.2

3.2.a.5. Ruang Kolaborasi - Forum Kelompok