3.2.a.2. Pendahuluan Pelajaran Modul 3.2

 

3.2.a.2. Pendahuluan

Surat dari Instruktur

Bapak dan Ibu Calon Guru Penggerak, selamat berjumpa kembali dalam modul pelatihan Calon Guru Penggerak! Saat ini kita masuk pada modul tentang pemimpin dalam pengelolaan sumber daya.

Seperti yang kita ketahui bersama, sekolah wajib membangun ekosistem yang dapat merangsang kreativitas untuk menunjang keberhasilan tujuan pendidikan. Keberhasilan sebuah proses pembelajaran sangat tergantung pada cara pandang sekolah melihat ekosistemnya: apakah sebagai kekuatan atau sebagai kekurangan. Sekolah yang memandang semua yang dimiliki adalah suatu kekuatan, tidak akan berfokus pada kekurangan tapi berupaya pada pemanfaatan aset yang dimiliki.

Modul ini merupakan bagian dari paket modul 3 yang juga merupakan modul terakhir dari tiga modul yang digunakan dalam pelatihan guru penggerak. Seperti pada modul yang lain, kami yakin kita sudah terbiasa dengan proses pelatihan yang lebih bermakna dan reflektif. Pada modul ini pun Anda akan melakukan serangkaian kegiatan pelatihan mulai dari eksplorasi mandiri, diskusi, tanya jawab, konsultasi daring, serta membuat aksi nyata yang akan membuktikan terjadinya perubahan yang lebih baik lagi sebagai seorang pendidik.

Modul ini disusun dengan harapan di akhir setiap fase pembelajaran, Anda akan selalu merefleksikan semua pemahaman yang didapatkan dengan apa yang terjadi dalam keseharian kegiatan Anda sebagai pendidik. Kita tahu bahwa pada proses pembelajaran apa pun sifatnya adalah personal, maka proses pembelajaran pada modul pelatihan ini akan lebih bermakna apabila kita menghubungkan dan mengimplementasikannya dalam kegiatan kita di sekolah.

Selamat mengeksplorasi materi dalam modul ini, semoga kita semua banyak mendapatkan pencerahan selama proses pelatihan berlangsung sekaligus menjadikan kita Guru Penggerak yang dapat mengubah dan membawa pendidikan Indonesia menjadi lebih baik lagi.

Simaklah pengantar dari instruktur berikut ini



Capaian Pembelajaran Umum

Secara umum, profil kompetensi Guru Penggerak yang ingin dicapai dari modul ini adalah CGP mampu : 

  1. Mengidentifikasi dan mendapatkan sumber daya dari berbagai sumber yang sah untuk menjalankan program sekolah
  2. Menggunakan sumber daya sekolah secara efektif untuk meningkatkan kualitas belajar

Capaian Pembelajaran Khusus

Secara khusus, modul ini diharapkan dapat membantu Calon Guru Penggerak untuk mampu:

  1. Menganalisis aset dan kekuatan dalam pengelolaan sumber daya yang efektif dan efisien.
  2. Merancang pemetaan potensi yang dimiliki sekolahnya menggunakan pendekatan Pengembangan Komunitas berbasis Aset (Asset-Based Community Development).
  3. Merancang program kecil menggunakan hasil pemetaan kekuatan atau aset yang sudah dilakukan.
  4. Menunjukkan sikap aktif, terbuka, kritis dan kreatif dalam upaya pengelolaan sumber daya.

Isi Materi Modul

  1. Peran dan fungsi pemimpin dalam pengelolaan sumber daya
  2. Pendekatan Pengembangan Komunitas Berbasis Aset dalam mengelola sumber daya yang ada di sekolah dan sekitarnya.


Komentar

Postingan Populer

1.1.a.4. Eksplorasi Konsep - Refleksi Diri Tentang Pemikiran Ki Hadjar Dewantara

Forum Komunikasi Fasilitator dan Peserta Modul 3.2

3.2.a.5. Ruang Kolaborasi - Forum Kelompok