3.2.a.4.1. Eksplorasi Konsep - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

 CGP diminta menjawab beberapa pertanyaan di bawah ini untuk melihat sejauh mana pengetahuan peserta tentang materi kali ini.

1. Apakah kita bisa menggunakan Pendekatan Pengembangan Komunitas Berbasis Aset untuk mengelola sumber daya sekolah kita? Bisakah kita mengganti kata komunitas menjadi sekolah,  Pendekatan Pengembangan Sekolah Berbasis Aset? Mengapa? 

Pendekatan pengembangan komunitas berbasis aset sangatlah bisa digunakan untuk mengolah sumber daya sekolah. Sekolah merupakan komunitas yang terdiri dari guru, murid, tenaga pendidik, komite sekolah, dan pengawas sekolah yang terintergasi ke dalam organisasi formal. Pedekatan pengembangan sekolah berbasis aset merupakan hal yang sangat diperlukan mengingat unsur - unsur yang ada disekolah merupakan aset/kekuatan yang dimiliki sekolah dan sebagai pemenuhan kualitas pembelajaran yang lebih mempuni. Sekolah harus terus berupaya memberdayakan kekuatan/aset yang dimiliki membangun keterkaitan antar aset tersebut guna pemberdayaan yang lebih maksimal. Dari penjelasan diatas dapat ditarik kesimpulan Pendekatan pengembangan komunitas berbasis asset dapat diganti dengan Pendekatan pengembangan sekolah berbasis asset atau Pendekatan pengembangan komunitas berbasis asset, karena sekolah pun sudah tercakup di dalamnya.

2. Apa contoh pengelolaan sumber daya sekolah kita dengan Pendekatan Pengembangan Komunitas Berbasis Aset? 

Seluruh warga sekolah pasti berkeinginan untuk melihat dan merasakan perubahan baik yang terjadi dalam proses pembelajaran maupun dilingkungan sekolah. Untuk itu, perlu adanya sinergitas dan komunikasi yang baik, terarah antara setiap warga sekolah. Mengembangkan dan memajukan kualitas sekolah tidak terlepas dari peran berbagai aset sekolah. Guru harus menjaga keharmonisan dengan rekan guru yang lain, dengan kepala sekolah dan dengan seluruh stakeholder yang terlibat dalam komunitas sekolah. Proses ini menciptakan suasana yang harmonis dan kondusif guna pencapaian tujuan komunitas berbasis aset yang di inginkan

3. Bagaimanakah selama ini kita mengelola sumber daya? Apakah sudah menggunakan Pendekatan Pengembangan Komunitas Berbasis Aset? 

Dalam rangka pengembangan mengolola sumber daya selama ini masih cenderung pada kekurangan. Masih jarang untuk membahas dan meningkatkan kekuatan/aset yang dimilki. Sekolah masih sering mengacu pada kelemahan dan ketidakmampuan akan masa depan, masih sangat jarang membahas dan menciptakan suasana yang baru dan bisa membangkitkan potensi aset tanpa melihat kekurangan yang dimiliki. Dengan demikian harus ada perubahasan paradigma yang cenderung masih berfokus pada kekurangan dan kenapa tidak harus mengembangankan potensi yang dimiliki? Ketika kita berfokus pada apa yang menjadi kelebihan kita maka kita sudah tentu akan menjawab dan menutup apa yang menjadi kekurangan kita.

4. Jika belum, bagaimana caranya kita mengelola dengan Pendekatan Pengembangan Sekolah Berbasis Aset? 

Belajar sepanjang hayat, itulah motto yang saya pegang selama ini dan sering saya sampaikan kepada anak didik saya. Sebagai pempimpin pembelajaran sudah sewajarnya kita harus terus belajar dan berupaya mengembangkan kompetensi yang dimiliki dengan menggunakan pendekatan pengembangan sekolah berbasis aset diharpakan semua tujuan yang ingin dicapai dapat terwuujud. Ada berbagai cara yang dapat digunakan untuk mengola sumber daya yang ada dengan pendekatan pengembangan sekolah berbasis aset, diantaranya:

 

1.) Berfokus pada aset dan kekuatan/potensi yang dimiliki.

 

2.) Berfikir dengan potensi yang dimiliki maka kesuksesan ke depan akan lebih baik.

 

3.) Mengoptimalkan dan mengorganisasikan sumber daya yang dimiliki.

 

4.) Merancang sebuah rencana dengan visi dan kekuatan/potensi yang ada.

 

5.) Melaksanakan rencana aksi yang sudah diprogramkan.

Komentar

Postingan Populer

1.1.a.4. Eksplorasi Konsep - Refleksi Diri Tentang Pemikiran Ki Hadjar Dewantara

Forum Komunikasi Fasilitator dan Peserta Modul 3.2

3.2.a.5. Ruang Kolaborasi - Forum Kelompok