3.2.a.5. Ruang Kolaborasi - Forum Kelompok. Pemetaan Aset Daerah dalam Pengelolaan Sumber Daya

3.2.a.5. Ruang Kolaborasi - Forum Kelompok

Pemetaan Aset Daerah dalam Pengelolaan Sumber Daya

Tujuan Pembelajaran Khusus: 

  • CGP dapat mengidentifikasi berbagai sumber daya di daerah untuk sekolahnya dan strategi pemanfaatannya secara efektif


Petunjuk Penugasan Kelompok - Mengidentifikasi  sumber daya :

  1. Hasil pemetaan/identifikasi semua aset yang dimiliki daerahnya. Hasil pemetaan/identifikasi bisa dalam bentuk poster, tabel, mind map, dan lain-lain.
Untuk dapat berdiskusi dalam kelompok lakukan dengan cara:
Ketua kelompok membuat sebuah topik baru dengan klik add new discussion topic
  1. isikan judul dengan identifikasi aset daerah (contoh identifikasi aset-Bandung-Kelompok1)
  2. Isikan hasil identikasi aset oleh ketua pada kotak message (apabila ada video klik gambar video untuk memasukkan video (maks 250 mb), atau insert url dari youtube
  3. anggota kelompok saling melengkapi aset yang ditulis ketua kelompok dengan klik reply pada jawaban ketua
  4. hasil diskusi kelompok akan dipresentasikan ketika pertemuan tatap muka virtual dengan fasilitator
  5. cermati jawaban kelompok lain dan berikan umpan balik / tanggapan untuk 3 video kelompok lain
saya membuat / mengidentifikasi dalam bentuk poster

berikut membuat Pemetaan Aset dalam Pengelolaan Sumber Daya di daerah untuk sekolah saya :

1. modal manusia

internal :

a. Kepala Sekolah

b. guru

c. murid

d. Orang tua dan Komite Yang selalu mendukung kebijakan sekolah dan PBM yang berpihak pada murid

e. Tenaga Kependidikan (Pustakawan, OPS, Kebersihan)

eksternal :

Kelurahan, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama


2. modal sosial

Aturan sekolah yang tegas untuk menanamkan kedispilinan

PGRI, KKG 

Komunitas keagamaan 

Masyarakat sekitar lingkungan petani


3. Modal Fisik

ruang kelas yang menampung semua anak didik

perpustakaan

Sarana prasarana pendukung pembelajaran

lapangan upacara

wc guru dan murid 

sumber air


4. modal lingkungan alam

udara masih segar dan bersih karena berada dilingkungan dataran tinggi dan persawahan

Pepohonan yang asri dan Pegunungan

kebun sekolah

sekolah bersih

taman sekolah


5. modal finansial

dana bos

zakat dan infak 


6. modal politik

Komunitas praktisi sekolah

Rapat rutin yang diselenggaran setiap bulan sebagai wadah aspirasi dan inspirasi setiap warga sekolah.


7. modal agama dan budaya

tokoh agama

perayaan hari besar Islam

ritual budaya sedekah bumi (kenduri sko)

Komentar

Postingan Populer

1.1.a.4. Eksplorasi Konsep - Refleksi Diri Tentang Pemikiran Ki Hadjar Dewantara

Forum Komunikasi Fasilitator dan Peserta Modul 3.2

3.2.a.5. Ruang Kolaborasi - Forum Kelompok