3.2.a.5. Ruang Kolaborasi - Forum Kelompok. Pemetaan Aset Daerah dalam Pengelolaan Sumber Daya
3.2.a.5. Ruang Kolaborasi - Forum Kelompok
CGP dapat mengidentifikasi berbagai sumber daya di daerah untuk sekolahnya dan strategi pemanfaatannya secara efektif
Petunjuk Penugasan Kelompok - Mengidentifikasi sumber daya :
- Hasil pemetaan/identifikasi semua aset yang dimiliki daerahnya. Hasil pemetaan/identifikasi bisa dalam bentuk poster, tabel, mind map, dan lain-lain.
Ketua kelompok membuat sebuah topik baru dengan klik add new discussion topic
- isikan judul dengan identifikasi aset daerah (contoh identifikasi aset-Bandung-Kelompok1)
- Isikan hasil identikasi aset oleh ketua pada kotak message (apabila ada video klik gambar video untuk memasukkan video (maks 250 mb), atau insert url dari youtube
- anggota kelompok saling melengkapi aset yang ditulis ketua kelompok dengan klik reply pada jawaban ketua
- hasil diskusi kelompok akan dipresentasikan ketika pertemuan tatap muka virtual dengan fasilitator
- cermati jawaban kelompok lain dan berikan umpan balik / tanggapan untuk 3 video kelompok lain
berikut membuat Pemetaan Aset dalam Pengelolaan Sumber Daya di daerah untuk sekolah saya :
1. modal manusia
internal :
a. Kepala Sekolah
b. guru
c. murid
d. Orang tua dan Komite Yang selalu mendukung kebijakan sekolah dan PBM yang berpihak pada murid
e. Tenaga Kependidikan (Pustakawan, OPS, Kebersihan)
eksternal :
Kelurahan, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama
2. modal sosial
Aturan sekolah yang tegas untuk menanamkan kedispilinan
PGRI, KKG
Komunitas keagamaan
Masyarakat sekitar lingkungan petani
3. Modal Fisik
ruang kelas yang menampung semua anak didik
perpustakaan
Sarana prasarana pendukung pembelajaran
lapangan upacara
wc guru dan murid
sumber air
4. modal lingkungan alam
udara masih segar dan bersih karena berada dilingkungan dataran tinggi dan persawahan
Pepohonan yang asri dan Pegunungan
kebun sekolah
sekolah bersih
taman sekolah
5. modal finansial
dana bos
zakat dan infak
6. modal politik
Komunitas praktisi sekolah
Rapat rutin yang diselenggaran setiap bulan sebagai wadah aspirasi dan inspirasi setiap warga sekolah.
7. modal agama dan budaya
tokoh agama
perayaan hari besar Islam
ritual budaya sedekah bumi (kenduri sko)
Komentar