3.2.a.7. Demonstrasi Kontekstual - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya
3.2.a.7. Demonstrasi Kontekstual - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya
Berikut adalah pemetaan 7 sumber daya/aset yang dimiliki oleh sekolah saya dan strategi pemanfaatannya.
1.
Modal Manusia
a.
Guru
·
telah bersertifikasi dan memiliki strata
Pendidikan S-1 dan S-2
·
energik dan memiliki kemampuan teknologi
informasi yang baik
·
adanya kominitas praktisi
b.
Murid
·
Disiplin
·
Berpartisipasi dalam perlombaan yang diadakan
oleh Lembaga, Dinas Kota/Provinsi dan memenangkan beberapa diantaranya dalam
tahun ini : juara 1 FS2LN Matematika, Juara 2 FS2LN MIPA, Juara 2 LCC tingkat
sekolah dasar kecamatan.
c.
Tenaga Kependidikan
·
memiliki strata pendidikan S-2
·
mampu mengelola administrasi menggunakan IT
d.
orang tua
·
sangat mendukung program sekolah
e.
pengawas sekolah
·
mengawasi kemajuan dan kebutuhan sekolah
Ø
Strategi Pemanfaatan Modal Manusia :
·
Menetapkan visi dan misi sekolah dengan target
sekolah mewujudkan murid profil pelajar pancasila
·
Melaksanakan pembelajaran yang berpihak pada
murid seperti coaching, pembelajaran berdiferensiasi dan sosial emosional
·
Menghidupkan berbagai kegiatan ekstrakuriler
·
Melaksanakan budaya literasi sekolah
·
Guru-guru mengikuti diklat pembelajaran online
dan offline
·
Tenaga kependidikan mengikuti pelatihan teknik digitalisasi
2.
Modal Sosial
a.
Peraturan sekolah / tata tertib sekolah
b.
Hubungan yang baik dengan pemerintah sekitar
seperti, polsek kecamatan, puskesmas.
c.
Hubungan yang baik dengan tempat ibadah
dimasyarakat seperti masjid.
d.
Komunitas Praktisi
e.
KKG
f. Komite Sekolah
Ø Strategi pemanfaatan Modal Sosial :
·
Mengimplementasikan strategi pembelajaran di
luar kelas melalui kerjasama dengan pemerintah contohnya : puskesmas
sosialisasi Kesehatan
·
Bekerja sama dan saling percaya dengan
instansi/lembaga mewujudkan visi misi sekolah
·
Mengoptimalkan kegiatan komunitas praktisi, KKG
untuk pembelajaran yang berpihak pada murid
·
Membangun hubungan sosial yang solid baik dalam
acara duka dan suka diantara guru, murid dan semua warga sekolah
3.
Modal Fisik
·
Ruang Kelas
·
Perpustakaan
·
Lapangan Upacara
·
Parkir
·
Wc dan kamar mandi
·
Kantin
·
Sekolah dilengkapi prokes
Ø
Strategi pemanfaatan Modal Fisik :
·
Memanfaatkan sarana dan prarasana sekolah
seoptimal mungkin untuk pembelajaran yang bermakna
·
Merawat dan memelihara seluruh sarana dan
prasara secara secara rutin untuk kesinambungan proses pembelajaran
4.
Modal Lingkungan Alam
·
Kebun Sekolah
·
Udara yang segar dan sejuk karena letang di
pegunungan yang agak tinggi dari pemukiman
·
Pepohonan yang rindang
·
Sumber air dari pegunungan
Ø
Strategi pemanfaatan Modal Lingkungan Alam
·
Memanfaatkan kebun sekolah sebagai tempat
belajar, literasi dan kegiatan lainnya.
·
Udara yang sejuk membuat suasana belajar menjadi
nyaman
5.
Modal Finansial
·
Dana BOS
·
Dana Komite
·
Zakat dan infak guru
·
Program PIP bagi murid
Ø
Strategi pemanfaatan Modal Finansial
·
Menyusun RKAS di awal tahun ajaran
·
Menyusun rencana jangka pendek dan dan jangka
panjang untuk menentukan pengeluaran seperti gaji guru, biaya renovasi bangunan
sekolah.
·
Membuat buku administrasi keuangan dengan tertib
dan melaporkan secara transparan
·
Mengoptimalkan dana yang tersedia untuk kegiatan
sekolah yang berkualitas
·
Menggunakan dana BOS untuk penyediaan buku dan
kegiatan ekstrakurikuler
·
Bekerjasama dengan Komite dalam membantu dana
untuk program sekolah
·
Setiap bulan guru memberikan zakat dan infak
untuk membantu siswa yang tidak mampu.
6.
Modal Politik
·
Kerja sama dengan pemerintahan (Puskesmas, Bank BRI,
Perairan desa, PLN)
·
Rapat rutin yang diadakan sekali dalam seminggu
·
Dinas setempat yang proaktif terhadap sekolah
·
kegiatan kesehatan bagi peserta didik oleh
Puskesmas setempat.
Ø
Strategi pemanfaatan Modal Politik
·
Melalui kerja sama dengan puskesmas semua murid
yang telah berusia 12 tahun ke atas telah menerima vaksin 1 dan 2, serta
memberikan imunisasi kepada murid
·
Melalui Kerjasama dengan BRI murid dapat menarik
dana PIP dengan mudah.
·
Bekerjasama dengan perairan desa menjamin
ketersediaan air di lingkungan sekolah
·
Bekerjasama dengan PLN menjamin penerangan
7.
Modal agama dan budaya
·
Kegiatan rutinitas keagamaan (yasinan, doa dan
pengajian Bersama, praktek sholat berjamaah, budaya berbagi, pesantren ramadhan)
·
Peringat hari besar islam
Ø
Strategi pemanfaatan Modal agama dan budaya
·
Memelihara budaya gotong royong dalam setiap
kegiatan sekolah, contoh : setiap kegiatan sekolah melibatkan guru dan murid
berpartisipasi aktif
·
Merayakan hari besar Islam seperti maulid nabi, isra
miraj, dll.
Komentar