3.2.a.7. Demonstrasi Kontekstual - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

 3.2.a.7. Demonstrasi Kontekstual - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya


Berikut adalah pemetaan 7 sumber daya/aset yang dimiliki oleh sekolah saya dan strategi pemanfaatannya.

 

1.       Modal Manusia

a.       Guru

·       telah bersertifikasi dan memiliki strata Pendidikan S-1 dan S-2

·       energik dan memiliki kemampuan teknologi informasi yang baik

·       adanya kominitas praktisi

 

b.       Murid

·       Disiplin

·       Berpartisipasi dalam perlombaan yang diadakan oleh Lembaga, Dinas Kota/Provinsi dan memenangkan beberapa diantaranya dalam tahun ini : juara 1 FS2LN Matematika, Juara 2 FS2LN MIPA, Juara 2 LCC tingkat sekolah dasar kecamatan.

 

c.       Tenaga Kependidikan

·       memiliki strata pendidikan S-2

·       mampu mengelola administrasi menggunakan IT

 

d.       orang tua

·       sangat mendukung program sekolah

 

e.       pengawas sekolah

·       mengawasi kemajuan dan kebutuhan sekolah

 

Ø  Strategi Pemanfaatan Modal Manusia :

·       Menetapkan visi dan misi sekolah dengan target sekolah mewujudkan murid profil pelajar pancasila

·       Melaksanakan pembelajaran yang berpihak pada murid seperti coaching, pembelajaran berdiferensiasi dan sosial emosional

·       Menghidupkan berbagai kegiatan ekstrakuriler

·       Melaksanakan budaya literasi sekolah 

·       Guru-guru mengikuti diklat pembelajaran online dan offline

·       Tenaga kependidikan mengikuti pelatihan teknik digitalisasi

 

2.       Modal Sosial

a.       Peraturan sekolah / tata tertib sekolah

b.       Hubungan yang baik dengan pemerintah sekitar seperti, polsek kecamatan, puskesmas.

c.       Hubungan yang baik dengan tempat ibadah dimasyarakat seperti masjid.

d.       Komunitas Praktisi

e.       KKG

f.        Komite Sekolah

Ø  Strategi pemanfaatan Modal Sosial :

·       Mengimplementasikan strategi pembelajaran di luar kelas melalui kerjasama dengan pemerintah contohnya : puskesmas sosialisasi Kesehatan

·       Bekerja sama dan saling percaya dengan instansi/lembaga mewujudkan visi misi sekolah

·       Mengoptimalkan kegiatan komunitas praktisi, KKG untuk pembelajaran yang berpihak pada murid

·       Membangun hubungan sosial yang solid baik dalam acara duka dan suka diantara guru, murid dan semua warga sekolah

 

3.       Modal Fisik

·       Ruang Kelas

·       Perpustakaan

·       Lapangan Upacara

·       Parkir

·       Wc dan kamar mandi

·       Kantin

·       Sekolah dilengkapi prokes

 

Ø  Strategi pemanfaatan Modal Fisik :

·       Memanfaatkan sarana dan prarasana sekolah seoptimal mungkin untuk pembelajaran yang bermakna

·       Merawat dan memelihara seluruh sarana dan prasara secara secara rutin untuk kesinambungan proses pembelajaran

 

4.       Modal Lingkungan Alam

·       Kebun Sekolah

·       Udara yang segar dan sejuk karena letang di pegunungan yang agak tinggi dari pemukiman

·       Pepohonan yang rindang

·       Sumber air dari pegunungan

 

Ø  Strategi pemanfaatan Modal Lingkungan Alam

·       Memanfaatkan kebun sekolah sebagai tempat belajar, literasi dan kegiatan lainnya.

·       Udara yang sejuk membuat suasana belajar menjadi nyaman

 

5.       Modal Finansial

·       Dana BOS

·       Dana Komite

·       Zakat dan infak guru

·       Program PIP bagi murid

 

Ø  Strategi pemanfaatan Modal Finansial

·       Menyusun RKAS di awal tahun ajaran

·       Menyusun rencana jangka pendek dan dan jangka panjang untuk menentukan pengeluaran seperti gaji guru, biaya renovasi bangunan sekolah.

·       Membuat buku administrasi keuangan dengan tertib dan melaporkan secara transparan

·       Mengoptimalkan dana yang tersedia untuk kegiatan sekolah yang berkualitas

·       Menggunakan dana BOS untuk penyediaan buku dan kegiatan ekstrakurikuler

·       Bekerjasama dengan Komite dalam membantu dana untuk program sekolah

·       Setiap bulan guru memberikan zakat dan infak untuk membantu siswa yang tidak mampu.

 

6.       Modal Politik

·       Kerja sama dengan pemerintahan (Puskesmas, Bank BRI, Perairan desa, PLN)

·       Rapat rutin yang diadakan sekali dalam seminggu

·       Dinas setempat yang proaktif terhadap sekolah

·       kegiatan kesehatan bagi peserta didik oleh Puskesmas setempat.

 

Ø  Strategi pemanfaatan Modal Politik

·       Melalui kerja sama dengan puskesmas semua murid yang telah berusia 12 tahun ke atas telah menerima vaksin 1 dan 2, serta memberikan imunisasi kepada murid

·       Melalui Kerjasama dengan BRI murid dapat menarik dana PIP dengan mudah.

·       Bekerjasama dengan perairan desa menjamin ketersediaan air di lingkungan sekolah

·       Bekerjasama dengan PLN menjamin penerangan

 

7.       Modal agama dan budaya

·       Kegiatan rutinitas keagamaan (yasinan, doa dan pengajian Bersama, praktek sholat berjamaah, budaya berbagi, pesantren ramadhan)

·       Peringat hari besar islam

 

Ø  Strategi pemanfaatan Modal agama dan budaya

·       Memelihara budaya gotong royong dalam setiap kegiatan sekolah, contoh : setiap kegiatan sekolah melibatkan guru dan murid berpartisipasi aktif

·       Merayakan hari besar Islam seperti maulid nabi, isra miraj, dll.

 

Komentar

Postingan Populer

1.1.a.4. Eksplorasi Konsep - Refleksi Diri Tentang Pemikiran Ki Hadjar Dewantara

Forum Komunikasi Fasilitator dan Peserta Modul 3.2

3.2.a.5. Ruang Kolaborasi - Forum Kelompok