3.2.a.9. Elaborasi Pemahaman - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya
Tujuan Pembelajaran Khusus: CGP dapat mengelaborasi pemahamannya tentang strategi pengelolaan sumber daya melalui proses tanya jawab dan diskusi menggunakan moda konferensi daring dengan instruktur.
Penugasan mandiri
Pada pembelajaran ini, Anda dapat menonton video contoh proses pembelajaran yang memanfaatkan kekuatan/aset yang murid miliki.
1.1.a.4. Eksplorasi Konsep - Refleksi Diri Tentang Pemikiran Ki Hadjar Dewantara Pengantar Bapak dan Ibu Calon Guru Penggerak (CGP) Mari kita lebih mendalam mengenal konsep Pendidikan Ki Hadjar Dewantara (KHD) dengan menyimak beberapa video menarik tentang, kondisi Pendidikan pada zaman kolonial, perjalanan pemikiran Ki Hadjar Dewantara sejak pembentukan Perguruan Taman Siswa hingga pemikiran-pemikiran KHD tentang bagaimana menjadi manusia merdeka. Anda juga akan lebih jauh memahami 2 (dua) tulisan KHD untuk membangun pemikiran reflektif-kritis Anda. Setelah menyimak video dan membaca 2 (dua) tulisan KHD, Andan membuat sebuah rekaman audio berdurasi 1 hingga 3 menit (maksimum 3 menit) yang memberikan ilustrasi diri Anda sebagai “Pembelajar Merdeka” yang dapat menginternalisasi semboyan “Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani”. Bapak/Ibu CGP, mengawali refleksi filosifis Pendidikan Indonesia, Anda diminta untuk menyimak video "Pendidikan Zaman Koloni
Forum Komunikasi Fasilitator dan Peserta Modul 3.2 Forum komunikasi ini disediakan sebagai sarana komunikasi antara fasilitator dan peserta selama mempelajari Modul 3.2. Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya. Selamat berdiskusi! assalamualaikum, berikut saya mencoba membuat Pemetaan Aset Daerah dalam Pengelolaan Sumber Daya di sekolah saya : 1. modal manusia a. guru b. murid c. Orang tua dan Komite Yang selalu mendukung kebijakan sekolah dan PBM yang berpihak pada murid d. Tenaga Kependidikan (Pustakawan, OPS, bidang Sapras, bidang Kesiswaan, bidang Kepegawaian, kesenian, Kebersihan) 2. modal sosial Aturan sekolah yang tegas untuk menanamkan kedispilinan PGRI, KKG Komunitas keagamaan Masyarakat sekitar lingkungan petani 3. Modal Fisik ruang kelas yang menampung semua anak didik sarana dan prasarana lapangan upacara wc guru dan murid sumber air 4. modal lingkungan alam udara masih segar karena berada dilingkungan dataran tinggi dan persawahan kebun sekolah sekolah bersih taman se
Pada kesempatan ini saya akan membagikan tugas 3.2.a.5. Ruang Kolaborasi - Forum Kelompok, adapun Tujuan Pembelajaran Khusus: CGP dapat mengidentifikasi berbagai sumber daya di daerah untuk sekolahnya dan strategi pemanfaatannya secara efektif Sahabat blog yang hebat, pada sesi pembelajaran ini, dimulai dengan Ruang Kolaborasi yaitu setiap peserta diajak bekerja sama dengan peserta lainnya dalam menyelesaikan tugas kelompok. Penugasan Kelompok tersebut yaitu mengidentifikasi sumber daya yang ada didaerah sekitar, dengan daerah yang sama atau berdekatan. Masing-masing sumber daya tersebut, setiap kelompok akan membuat identifikasi aset/modal apa yang dimiliki oleh daerahnya. Kemudian setiap kelompok memberikan umpan balik / tanggapan terhadap kelompok. Untuk tugas diskusi mandiri saya memberikan jawaban sebagai berikut: Pemetaan Modal/Aset Daerah : 1. Modal Manusia • Internal: Kepala Sekolah, Murid, Guru Kelas, Guru Mata Pelajaran • Eksternal: Pemerintah Desa, Tokoh Masyarakat, Tokoh A
Komentar