3.3.a.3. Mulai Dari Diri - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

Pada kesempatan ini saya akan membagikan tugas 3.3.a.3. Mulai Dari Diri - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid



Tujuan Pembelajaran Khusus:  CGP mampu mengingat dan mengevaluasi pengalamannya sendiri terkait program sekolah yang berdampak pada murid

1

Response is required

Program sekolah yang berdampak pada murid adalah program sekolah yang dibuat berdasarkan hasil analisis kebutuhan murid. Sasarannya adalah murid dan untuk mengembangkan potensi murid seutuhnya. Program yang dibuat berdasarkan minat dam harapan dari murid dan untuk memfasilitasi perkembangan potensi yang ada dalam diri murid. Yang menarik adalah bahwa dalam menyusun program di sekolah, penting sekali dilakukannya pemetaan potensi murid. Untuk mempermudah dalam melakukan pemetaan, dilakukanlah suatu pendekatan yang berbasis pada asset.

Question #2

2

Response is required

Selama ini sekolah telah memberikan keleluasaan penuh kepada guru untuk mengembangkan proses belajar yang dapat mengeksplorasi kemampuan peserta didik sebagai modal manusia. Bahkan setiap guru dianjurkan untuk mengelola atau memanfaatkan modal lingkungan alam untuk dijadikan sumber belajar seperti berkunjung langsung ke petani di sawah dan di kebun dengan hanya berbincang santai menggali informasi terkait hasil alam dan mata pencaharian. Guru terkadang melakukan kunjungan ke kantor pemerintahan desa hanya untuk mengetahui bagaimana bentuk penyajian data yang menarik dan tepat dari data-data yang berhubungan dengan masyarakat sekitar seperti gambar presentasi pengumpulan pajak perblok dalam satu desa.  

Question #3

3

Response is required

Bentuk Program sekolah seperti apa yang dapat mewakili dan mengakomodir kebutuhan belajar peserta didik sehingga program tersebut  berdampak kepada murid

Berikan tanggapan Anda dengan menggunakan pengetahuan dan pengalaman yang Anda miliki selama ini tentang program sekolah.  Saat memberikan tanggapan dan urun pengalaman, Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut

  1.  Uraikan tanggapan Anda secara jelas sesuai dengan pertanyaan pemantik yang diajukan;

Setelah Anda memberikan tanggapan, utarakanlah di bawah ini apa yang menjadi harapan  Anda setelah mempelajari modul ini.


Question #4

4

Response is required

Adanya proses yang melibatkan seluruh warga sekolah untuk mengidentifikasi potensi yang dimiliki sekolah yang selanjutnya mengolah dan memanfaatkan potensi tersebut untuk meningkatkan ekosistem pendidikan yang berpihak pada murid. Potensi yang dimiliki sekolah dijadikan dasar dalam penyusunan program yang berpihak pada murid. Harapannya dengan data tersebut memudahkan pihak sekolah untuk membuat program sekolah yang berpihak pada murid.

Question #5

5

Response is required

  • Bagaimana cara membuat perencanaan program sekolah yang berdampak pada murid secara berkelompok.
  • Mendalami materi terkait bentuk-bentuk program sekolah,
  • Mampu mengidentifikasi tahapan membuat program
  • Mampu membuat program yang berorientasi pada kepemimpinan murid

Komentar

Postingan Populer

1.1.a.4. Eksplorasi Konsep - Refleksi Diri Tentang Pemikiran Ki Hadjar Dewantara

Forum Komunikasi Fasilitator dan Peserta Modul 3.2

3.2.a.5. Ruang Kolaborasi - Forum Kelompok