3.3.a.4. Eksplorasi Konsep - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

 

3.3.a.4. Eksplorasi Konsep - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid


Maksud pengajaran dan pendidikan yang berguna untuk perikehidupan bersama adalah memerdekakan manusia sebagai anggota persatuan (rakyat).

Ki Hadjar Dewantara

Tujuan Pembelajaran Khusus

  • CGP menunjukkan pemahaman tentang konsep kepemimpinan murid dan kaitannya dengan Profil Pelajar Pancasila.
  • CGP menunjukkan pemahaman apa yang dimaksud dengan suara (voice), pilihan (choice) dan kepemilikan (ownership) murid.
  • CGP menemukenali dan menganalisis elemen pilihan, kepemilikan, dan suara dalam beberapa contoh program/kegiatan pembelajaran yang dilakukan di  sekolah.

Pertanyaan Pemantik

  1. Menurut Bapak/Ibu, siapakah yang seharusnya memegang kendali terhadap proses pembelajaran murid?
  2. Menurut Bapak/Ibu dalam hal apa saja dan sebagai apa murid dapat mengambil kendali dalam berbagai program/kegiatan pembelajaran sekolah Bapak/Ibu?
  3. Bagaimana peran dan keterlibatan murid dalam berbagai program/kegiatan pembelajaran sekolah dapat berkontribusi positif bagi lingkungan dan masyarakat?

Setelah Bapak dan Ibu mengingat ulang pengalaman tentang keterlibatan Bapak/ibu dalam program/kegiatan pembelajaran di sekolah dahulu, selanjutnya mari kita cermati beberapa pertanyaan pemantik di atas. Pertanyaan-pertanyaan tersebut tidak perlu Bapak/Ibu tulis jawabannya. Jadikan pertanyaan-pertanyaan ini untuk memprovokasi pemikiran-pemikiran Bapak/Ibu di sepanjang pembelajaran 2 ini. Saat membaca materi yang diberikan di bagian ini, bapak/Ibu dapat senantiasa kembali lagi ke pertanyaan ini


Komentar

Postingan Populer

1.1.a.4. Eksplorasi Konsep - Refleksi Diri Tentang Pemikiran Ki Hadjar Dewantara

Forum Komunikasi Fasilitator dan Peserta Modul 3.2

3.2.a.5. Ruang Kolaborasi - Forum Kelompok