3.3.a.4. Eksplorasi Konsep - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid
3.3.a.4. Eksplorasi Konsep - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid
Maksud pengajaran dan pendidikan yang berguna untuk perikehidupan bersama adalah memerdekakan manusia sebagai anggota persatuan (rakyat).
Ki Hadjar Dewantara
Tujuan Pembelajaran Khusus
- CGP menunjukkan pemahaman tentang konsep kepemimpinan murid dan kaitannya dengan Profil Pelajar Pancasila.
- CGP menunjukkan pemahaman apa yang dimaksud dengan suara (voice), pilihan (choice) dan kepemilikan (ownership) murid.
- CGP menemukenali dan menganalisis elemen pilihan, kepemilikan, dan suara dalam beberapa contoh program/kegiatan pembelajaran yang dilakukan di sekolah.
Pertanyaan Pemantik
- Menurut Bapak/Ibu, siapakah yang seharusnya memegang kendali terhadap proses pembelajaran murid?
- Menurut Bapak/Ibu dalam hal apa saja dan sebagai apa murid dapat mengambil kendali dalam berbagai program/kegiatan pembelajaran sekolah Bapak/Ibu?
- Bagaimana peran dan keterlibatan murid dalam berbagai program/kegiatan pembelajaran sekolah dapat berkontribusi positif bagi lingkungan dan masyarakat?
Setelah Bapak dan Ibu mengingat ulang pengalaman tentang keterlibatan Bapak/ibu dalam program/kegiatan pembelajaran di sekolah dahulu, selanjutnya mari kita cermati beberapa pertanyaan pemantik di atas. Pertanyaan-pertanyaan tersebut tidak perlu Bapak/Ibu tulis jawabannya. Jadikan pertanyaan-pertanyaan ini untuk memprovokasi pemikiran-pemikiran Bapak/Ibu di sepanjang pembelajaran 2 ini. Saat membaca materi yang diberikan di bagian ini, bapak/Ibu dapat senantiasa kembali lagi ke pertanyaan ini
Komentar