3.2.a.5. Ruang Kolaborasi - Forum Kelompok | pemetaan/identifikasi semua aset / modal yang dimiliki daerah untuk sekolah

membuat identifikasi aset/modal apa yang dimiliki oleh daerahnya 

 Hasil pemetaan/identifikasi semua aset yang dimiliki daerah untuk sekolah


1.       Modal manusia

Internal : kepala sekolah, guru, murid, TU, pustakawan, panjaga sekolah,

kelebihan :

Kepala sekolah sebagai kepala penggerak,

Guru mempunyai kompetensi yang baik dan semangat IT yang kompoten,

Murid telah melaksanakan pembelajaran merdeka belajar

TU yang memahami tugas administrasi sekolah

Komite  yang selalu mendukung kebijakan sekolah

Pustakawan yang mendukung kegiatan literasi sekolah

Penjaga sekolah yang selalu menjaga keamanan sekolah dan kebersihan sekolah

 

Eksternal : Korwil dan pengawas sekolah, komite / orang tua, masyarakat (tokoh adat, tokoh agama, pemuda, perangkat desa)

 

2.       Modal Sosial

KKG / MGMP yang masih aktif : rutinitas kegiatan sebagai wadah guru berbagi

Komunitas praktisi sekolah

PGRI dan IGI : mensosialisasikan perkembangan pendidikan

Karang taruna : bisa membantu dibidang olahraga

Kelompok tani : kerja sama untuk pertanian

Organisasi keagamaan : bisa membantu dibidang agama

 

3.       Modal fisik

Ruang Kelas  : untuk proses pembelajaran

Perpustakaan : terdapat buku yang cukup untuk literasi

Laboratorium : tersedia alat dan bahan untuk pratikum

Kantin : untuk penyediaan makanan bagi guru dan siswa

Wc / kamar mandi : terdapat kamar mandi / wc yang bersih

Lapangan upacara : lapangan uapacara yang memadai untuk pelaksanaan upacara

Ruang kepala sekolah : ruang kepala sekolah yang nyaman dan bersih

Dapur : terdapat dapur beserta perlatannya untuk membuat minuman dan makanan para guru

Ruang TU : ruang TU yang tertata administrasi dengan baik

 

4.       Modal lingkungan alam

Taman sekolah : taman sekolah yang asri

Lahan pembibitan kulit manis : sebagai tempat praktek siswa dalam proses pembibitan

Pepohonan yang asri : pepohonan yang rindang

Udara segar dan bersih : udara yang masih bersih

Lokasi yang strategis : berada diperbatasan / pinggir jalan raya

 

5.       Modal finansial

Dana bos : pendanaan dana bos yang transparan

Dana Komite : pihak komite membantu pendanaan dalam pembangunan sekolah

Koperasi sekolah : koperasi sekolah yang bisa membantu para guru

Zakat dan infak guru : membantu siswa yang tidak mampu

Dana sosial : untuk membantu warga sekolah yang terkena musibah

 

6.       Modal politik

Adanya anggota legislative dari masyarakat sekitar : anggota legislative peduli dengan pendidikan

Memilih keanggotaan osis dengan cara demokrasi : sebagai Pendidikan politik bagi siswa

Kepala sekolah sebagai ketua PGRI Kecamatan : membantu menyampaikan aspirasi sekolah

Menjali kerja sama dengan berbagai pihak untuk mendukung program sekolah : seperti bekerja sama dengan puskesmas

 

7.       Modal agama dan budaya

Perayaan hari besar islam : menyelenggarakan hari besar islam

Ritinitas kegiatan keagamaan : seperti BKMT, yasinan, dll : 

Toleransi antar agama : menghormati yang berbeda agama

Ritual budaya sedekah bumi : pesta panen

Makanan khas daerah : kantong semar, lemang, lapek bugis,

 

Komentar

Postingan Populer

1.1.a.4. Eksplorasi Konsep - Refleksi Diri Tentang Pemikiran Ki Hadjar Dewantara

Forum Komunikasi Fasilitator dan Peserta Modul 3.2

3.2.a.5. Ruang Kolaborasi - Forum Kelompok