3.2.a.5. Ruang Kolaborasi - Forum Kelompok | pemetaan/identifikasi semua aset / modal yang dimiliki daerah untuk sekolah
membuat identifikasi aset/modal apa yang dimiliki oleh daerahnya
Hasil pemetaan/identifikasi semua aset yang dimiliki daerah untuk sekolah
1. Modal manusia
Internal : kepala sekolah, guru, murid, TU, pustakawan, panjaga sekolah,
kelebihan :
Kepala sekolah sebagai kepala penggerak,
Guru mempunyai kompetensi yang baik dan semangat IT yang kompoten,
Murid telah melaksanakan pembelajaran merdeka belajar
TU yang memahami tugas administrasi sekolah
Komite yang selalu mendukung
kebijakan sekolah
Pustakawan yang mendukung kegiatan literasi sekolah
Penjaga sekolah yang selalu menjaga keamanan sekolah dan kebersihan
sekolah
Eksternal : Korwil dan pengawas sekolah, komite / orang tua, masyarakat
(tokoh adat, tokoh agama, pemuda, perangkat desa)
2. Modal Sosial
KKG / MGMP yang masih aktif : rutinitas kegiatan sebagai wadah guru
berbagi
Komunitas praktisi sekolah
PGRI dan IGI : mensosialisasikan perkembangan pendidikan
Karang taruna : bisa membantu dibidang olahraga
Kelompok tani : kerja sama untuk pertanian
Organisasi keagamaan : bisa membantu dibidang agama
3. Modal fisik
Ruang Kelas : untuk proses
pembelajaran
Perpustakaan : terdapat buku yang cukup untuk literasi
Laboratorium : tersedia alat dan bahan untuk pratikum
Kantin : untuk penyediaan makanan bagi guru dan siswa
Wc / kamar mandi : terdapat kamar mandi / wc yang bersih
Lapangan upacara : lapangan uapacara yang memadai untuk pelaksanaan upacara
Ruang kepala sekolah : ruang kepala sekolah yang nyaman dan bersih
Dapur : terdapat dapur beserta perlatannya untuk membuat minuman dan
makanan para guru
Ruang TU : ruang TU yang tertata administrasi dengan baik
4. Modal lingkungan alam
Taman sekolah : taman sekolah yang asri
Lahan pembibitan kulit manis : sebagai tempat praktek siswa dalam proses
pembibitan
Pepohonan yang asri : pepohonan yang rindang
Udara segar dan bersih : udara yang masih bersih
Lokasi yang strategis : berada diperbatasan / pinggir jalan raya
5. Modal finansial
Dana bos : pendanaan dana bos yang transparan
Dana Komite : pihak komite membantu pendanaan dalam pembangunan sekolah
Koperasi sekolah : koperasi sekolah yang bisa membantu para guru
Zakat dan infak guru : membantu siswa yang tidak mampu
Dana sosial : untuk membantu warga sekolah yang terkena musibah
6. Modal politik
Adanya anggota legislative dari masyarakat sekitar : anggota legislative
peduli dengan pendidikan
Memilih keanggotaan osis dengan cara demokrasi : sebagai Pendidikan
politik bagi siswa
Kepala sekolah sebagai ketua PGRI Kecamatan : membantu menyampaikan
aspirasi sekolah
Menjali kerja sama dengan berbagai pihak untuk mendukung program sekolah
: seperti bekerja sama dengan puskesmas
7. Modal agama dan budaya
Perayaan hari besar islam : menyelenggarakan hari besar islam
Ritinitas kegiatan keagamaan : seperti BKMT, yasinan, dll :
Toleransi antar agama : menghormati yang berbeda agama
Ritual budaya sedekah bumi : pesta panen
Makanan khas daerah : kantong semar, lemang, lapek bugis,
Komentar