3.3.a.4.1. Eksplorasi Konsep - Forum Diskusi


hallo sahabat blogger

saya Rinda Sri Munyi CGP angkatan 4 Kerinci akan membagikan  Poin-poin yang harus didiskusikan dalam modul 

3.3.a.4.1. Eksplorasi Konsep - Forum Diskusi

semoga bermanfaat

1.   Jenis program / kegiatan : kegiatan kokurikuler

 

2.      Nama program : Implementasi materi pelajaran agama islam ke aksi nyata / menjadi praktik baik bagi murid SDN 30/III Lempur Tengah

 

3.      Tujuan kegiatan ini : kegiatan yang dikhususkan untuk memperdalam dan menghayati mata pelajaran yang telah dipelajari. Kegiatan ini dapat dilakukan oleh peserta didik secara pribadi maupun secara kelompok

 

4.      Karakteristik lingkungan yang dikembangkan oleh guru/sekolah di dalam kegiatan/program ini :

a.      Lingkungan yang menyediakan kesempatan untuk murid menggunakan pola pikir positif dan merasakan emosi yang positif, hingga berkemampuan dan berkeinginan untuk memberikan pengaruh positif kepada kehidupan orang lain dan sekelilingnya.

b.      Lingkungan yang mengembangkan keterampilan berinteraksi sosial secara positif, arif dan bijaksana.

c.       Lingkungan yang melatih keterampilan yang dibutuhkan murid dalam proses pencapaian tujuan akademik maupun non-akademiknya.

d.      Lingkungan yang membuka wawasan murid agar dapat menentukan dan menindaklanjuti tujuan, harapan atau mimpi yang manfaat dan kebaikannya melampaui pemenuhan kepentingan individu, kelompok, maupun golongan.

e.      Lingkungan tersebut berkomitmen untuk menempatkan murid sedemikian rupa sehingga aktif menentukan proses belajarnya sendiri.

f.        Lingkungan tersebut menumbuhkan daya lenting dan sikap tangguh murid untuk terus bangkit di tengah kesempitan dan kesulitan.


5.      Sejauh mana aspek suara, pilihan, dan kepemilikan (Voice/Choice/Ownership) dipromosikan atau didorong dalam kegiatan atau program tersebut?

a.      Aspek suara

-      Mempromosikan suara murid dalam proses pembelajaran untuk menentukan tema atau bentuk kegiatan aksi nyata

-      Budaya saling mendengarkan pendapat teman

-      Membangun kepercayaan diri murid untuk bersuara

-      Memberikan kesempatan murid untuk bertanya, memberikan pendapat, berdiskusi

-      Mendiskusikan dan membuatan kesepakatan bentuk program

-      Melibatkan murid dalam memberikan umpan balik terhadap proses belajar yang telah dilakukan

-      Melibatkan murid dalam menyusun kriteria penilaian kegiatan aksi nyata

-      Membuat kotak saran untuk memberikan murid memberikan saran dan masukan terhadap kelompok lain

b.      Aspek pilihan

-      Membuka cakrawala murid bahwa ada berbagai pilihan atau alternatif yang dapat dijadikan bahan pertimbangan sebelum memulai kegiatan

-      Memberikan pilihan bagi murid untuk memilih bagaimana mereka mendemonstrasikan pemahamannya tentang apa yang telah mereka pelajari

-      Memberikan kesempatan pada murid untuk memilih peran yang dapat mereka ambil dalam sebuah kegiatan/program

-      Memberikan kesempatan murid untuk mengelola  pengaturan kegiatan

-      Memberi kesempatan pada murid untuk menentukan sendiri bentuk penugasan yang mereka inginkan

-      memberikan kesempatan pada murid untuk mempresentasikan hasil kerja/proyek sesuai dengan gaya , minat dan bakat mereka

-      memberikan kesempatan pada murid untuk menentukan rencana, jadwal atau agenda dalam melaksanakan pembelajarannya

-      memberikan kesempatan pada murid untuk mengevaluasi pembelajarannya

c.      Aspek kepemilikan

-      memberikan kesempatan pada murid untuk mengevaluasi pembelajarannya

-      Merespon umpan balik yang diberikan murid

-      menciptakan lingkungan belajar di mana murid dapat menetapkan tujuan belajar dan kriteria keberhasilan mereka sendiri, dan memantau dan menyesuaikan pembelajaran mereka

-      Memosting ide siswa (dengan seizin murid sebagai bagian dari menghargai dan menghormati kepemilikan murid )

 

5.      Keterkaitan program tersebut dengan   profil pelajar Pancasila di dalam diri siswa?

-      beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia. Menumbuhkembangkan kepemimpinan murid akan mendorong murid mengembangkan berbagai sikap-sikap positif yang merupakan pengejawantahan dari iman, ketakwaan dan akhlak mulia.

-      mandiri. Menumbuhkembangkan kepemimpinan murid mendorong murid untuk mengambil kontrol dan bertanggung jawab pada proses pembelajarannya sendiri.

-      dapat berpikir kritis. Menumbuhkembangkan kepemimpinan murid mendorong murid untuk memiliki kemampuan berpikir kritis karena mereka akan belajar untuk  membuat pilihan dan membuat keputusan yang bertanggung jawab. 

-      kreatif. Menumbuhkembangkan kepemimpinan murid memungkinkan murid untuk terekspos pada pengalaman belajar otentik yang menuntut mereka untuk mampu melihat permasalahan dan secara kreatif berusaha mencari solusi atas  permasalahan tersebut.


Komentar

Postingan Populer

1.1.a.4. Eksplorasi Konsep - Refleksi Diri Tentang Pemikiran Ki Hadjar Dewantara

Forum Komunikasi Fasilitator dan Peserta Modul 3.2

3.2.a.5. Ruang Kolaborasi - Forum Kelompok