3.3.a.4.1. Eksplorasi Konsep - Forum Diskusi

 

3.3.a.4.1. Eksplorasi Konsep - Forum Diskusi

Tujuan Pembelajaran Khusus: 

CGP dapat menganalisis sejauh mana suara, pilihan dan kepemilikan murid dipertimbangkan dalam sebuah contoh program/kegiatan  intrakurikulerkokurikuler, atau ekstrakurikuler sekolah 

Pertanyaan Pemantik

  1. Apa hal yang paling penting untuk dipertimbangkan dalam menyusun program/kegiatan yang berdampak pada murid?
  2. Seperti apakah gambaran program/kegiatan yang dapat mempromosikan suara, pilihan, dan kepemilikan murid?
  3. Lingkungan seperti apa yang menurut Bapak/Ibu dapat menumbuhkembangkan kepemimpinan murid?
  4. Apa yang dapat kita lakukan untuk dapat menciptakan lingkungan belajar yang menumbuhkembangkan kepemimpinan murid? Siapa saja yang perlu dilibatkan?
  5. Bagaimana keterlibatan komunitas dapat membantu menumbuhkembangkan kepemimpinan murid?

Selamat datang di tahapan pembelajaran 3 dari rangkaian pembelajaran di modul 3.3 ini. Dalam tahapan ini, Bapak/Ibu akan lebih memperdalam pemahaman tentang konsep kepemimpinan murid lewat forum diskusi dengan CGP lain.

Setelah membaca karakteristik lingkungan yang menumbuhkembangkan kepemimpinan murid dan mempelajari peran dari keterlibatan komunitas dalam proses menumbuhkan kepemimpinan murid, coba baca kembali contoh-contoh situasi pembelajaran yang diberikan di tahapan pembelajaran sebelumnya  kemudian cobalah jawablah pertanyaan ini:

  1. Menurut Bapak/Ibu. karakteristik  lingkungan belajar mana yang dibangun oleh guru dalam setiap situasi pembelajaran tersebut?
  2. Pengetahuan, keterampilan, dan sikap apa yang dikembangkan di dalam lingkungan belajar seperti itu?
  3. Kaitkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap-sikap yang dikembangkan tersebut dengan   profil pelajar Pancasila di dalam diri siswa?

 

Catatan: Bapak/Ibu tidak perlu mengunggah jawaban Ibu/Bapak untuk pertanyaan-pertanyaan di atas, Ini lebih kepada refleksi pribadi Ibu/Bapak setelah membaca materi di eksplorasi konsep kedua ini.



Sekarang, saatnya Bapak/Ibu masuk dalam forum diskusi. Melalui forum diskusi ini, kami ingin Bapak/Ibu mulai dapat membuat koneksi antara praktik-praktik yang Bapak/Ibu lakukan saat ini dengan materi-materi yang telah dipelajari sejauh ini.

Di dalam forum diskusi ini, Bapak/Ibu akan mendiskusikan sebuah kegiatan atau program sekolah. Namun, agar lebih jelas prosesnya, mohon perhatikan tahapan-tahapan berikut ini:

  1. Setiap kelompok hanya akan mendiskusikan sebuah kegiatan/program sekolah.
  2. Kegiatan/program sekolah yang akan didiskusikan dapat berupa kegiatan/program sekolah yang sudah/sedang dijalankan oleh salah satu anggota kelompok di sekolahnya.
  3. Silahkan menentukan siapa anggota kelompok yang bersedia kegiatan/program sekolahnya didiskusikan.
  4. Anggota kelompok yang bersedia tersebut kemudian harus memposting di LMS nama kegiatan/program yang akan didiskusikan. Postingan inilah yang harus dikomentari dan didiskusikan oleh anggota kelompok lainnya.
  5. Saat thread diskusi dimulai, anggota kelompok yang kegiatan/program sekolahnya didiskusikan tersebut harus menanggapi pertanyaan-pertanyaan awal yang diajukan oleh rekan-rekan sekelompoknya (karena dialah yang mengetahui kegiatan/program tersebut). Namun demikian, setelah diskusi mulai berjalan dan ide-ide baru mulai terbentuk, anggota kelompok yang lain dapat ikut menanggapi, menjawab pertanyaan yang diajukan selanjutnya.
  6. Poin-poin yang harus didiskusikan diantaranya adalah sebagai berikut:
    ●      Jenis program atau kegiatannya. Apakah program/kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, atau ekstrakurikuler.
    ●      Karakteristik lingkungan yang dikembangkan oleh guru/sekolah di dalam kegiatan/program tersebut. (dengan mengacu kepada 7 karakteristik lingkungan yang telah dipelajari sebelumnya)
    ●      Sejauh mana aspek suara, pilihan, dan kepemilikan (Voice/Choice/Ownership) dipromosikan atau didorong dalam kegiatan atau program tersebut.
  1. Karena diskusi ini bertujuan untuk mengembangkan ide dan pemahaman bersama, maka setiap orang diharapkan dapat fokus pada percakapan yang terjadi dalam thread diskusi daring ini.  Jangan hanya sekali memberikan komentar lalu sudah. Setiap orang perlu berasumsi bahwa mereka akan mempelajari sesuatu dalam setiap percakapan tertulis yang ada di LMS tersebut.  Oleh karena itu, setiap orang: 
    -        perlu memberikan pertanyaan. Saat bertanya, hindari pertanyaan yang bisa dijawab dengan ya atau tidak tanpa perlu menjelaskan jawaban secara rinci.
    -        perlu memperhatikan komentar/pertanyaan yang ditulis oleh anggota kelompok mereka. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menanggapi komentar, memberikan pertanyaan lanjutan, menyampaikan gagasan, dsb.


Setelah selesai melakukan diskusi kelompok, lakukanlah refleksi pribadi dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini. Refleksi ini dapat menjadi pemenuhan tagihan  jurnal refleksi mingguan Anda.

  • Apa yang telah Bapak/Ibu pahami tentang konsep kepemimpinan murid (student agency?)
  • Bagaimana Bapak/Ibu dapat mendorong dan mempromosikan suara, pilihan, dan kepemilikan murid di kelas Bapak/Ibu?
  • Hal konkret apa yang akan Bapak/Ibu lakukan, sesuai dengan konteks keadaan nyata yang dihadapi (aset-kekuatan), untuk mewujudkan 7 karakteristik lingkungan yang menumbuhkembangkan kepemimpinan murid di sekolah Bapak/Ibu?

Komentar

Postingan Populer

1.1.a.4. Eksplorasi Konsep - Refleksi Diri Tentang Pemikiran Ki Hadjar Dewantara

Forum Komunikasi Fasilitator dan Peserta Modul 3.2

3.2.a.5. Ruang Kolaborasi - Forum Kelompok