Langsung ke konten utama

3.3.a.4.1. Eksplorasi Konsep - Forum Diskusi

 


pertanyaan pemantik 

    3.3.a.4.1. Eksplorasi Konsep - Forum Diskusi

  1. Apa hal yang paling penting untuk dipertimbangkan dalam menyusun program/kegiatan yang berdampak pada murid? 

Yang perlu dipertimbangkan adalah Suara Murid, Pilihan Murid, dan Kepemilikan Murid


2. Seperti apakah gambaran program/kegiatan yang dapat mempromosikan suara, pilihan, dan kepemilikan murid?

-      Membangun budaya saling mendengarkan.

-      Memberikan kesempatan murid untuk bertanya, memberikan pendapat, berdiskusi

-      Melibatkan murid dalam menyusun kriteria penilaian

-      Memberikan kesempatan pada murid untuk memilih peran yang dapat mereka ambil dalam sebuah kegiatan/program

-      Memberikan kesempatan pada murid untuk memilih peran yang dapat mereka ambil dalam sebuah kegiatan/program

-      Mengajak murid mengatur layout kelas mereka sendiri


3. Lingkungan seperti apa yang menurut Bapak/Ibu dapat menumbuhkembangkan kepemimpinan murid?--- Lingkungan yang menyediakan kesempatan untuk murid menggunakan pola pikir positif dan merasakan emosi yang positif, hingga berkemampuan dan berkeinginan untuk memberikan pengaruh positif kepada kehidupan orang lain dan sekelilingnya.

- Lingkungan yang mengembangkan keterampilan berinteraksi sosial secara positif, arif dan bijaksana.

- Lingkungan yang melatih keterampilan yang dibutuhkan murid dalam proses pencapaian tujuan akademik maupun non-akademiknya.

- Lingkungan yang melatih murid untuk menerima dan memahami kekuatan diri, sesama, serta masyarakat dan lingkungan di sekitarnya.

- Lingkungan yang membuka wawasan murid agar dapat menentukan dan menindaklanjuti tujuan, harapan atau mimpi yang manfaat dan kebaikannya melampaui pemenuhan kepentingan individu, kelompok, maupun golongan.

Lingkungan tersebut berkomitmen untuk menempatkan murid sedemikian rupa sehingga aktif menentukan proses belajarnya sendiri.

- Lingkungan tersebut menumbuhkan daya lenting dan sikap tangguh murid untuk terus bangkit di tengah kesempitan dan kesulitan.


4. Apa yang dapat kita lakukan untuk dapat menciptakan lingkungan belajar yang menumbuhkembangkan kepemimpinan murid? Siapa saja yang perlu dilibatkan?

-      komunitas keluarga (anggotanya dapat terdiri orang tua, kakak, adik, pengasuh , dsb)

-      komunitas kelas dan antar kelas (anggotanya dapat terdiri teman sesama murid, guru)

-      komunitas sekolah (anggotanya dapat terdiri dari kepala sekolah, pustakawan, penjaga sekolah, laboran, penjaga keamanan, tenaga kebersihan, petugas kantin, dsb)

-      komunitas sekitar sekolah (anggotanya dapat terdiri dari RT/RW, tokoh masyarakat setempat, puskesmas, tokoh agama setempat, dsb)

-      komunitas yang lebih luas. (anggotanya dapat terdiri dari organisasi masyarakat, dunia usaha, media, universitas, DPR, dsb)


5. Bagaimana keterlibatan komunitas dapat membantu menumbuhkembangkan kepemimpinan murid?

a.    Komunitas Keluarga

·       Melibatkan orang tua pada kegiatan-kegiatan non akademis/bukan pembelajaran di kelas agar rasa kepemilikan lebih terbangun

·       Mendorong orang tua untuk mengajak anak-anak mereka ke tempat-tempat yang dapat menumbuhkan rasa empati, mengekspos murid dalam kegiatan pelayanan kepada masyarakat, dsb

b.    Komunitas kelas dan antarkelas

·       .Mendorong murid untuk bertanya

·       Melibatkan murid dalam proses perencanaan pembelajaran.

·       Melibatkan murid dalam proses penilaian

·       Membentuk dewan murid, komite-komite yang dipimpin oleh murid, kepanitiaan kegiatan yang anggotanya adalah murid-murid.

c.    Komunitas sekolah

·       Memastikan tenaga kependidikan yang ada di sekolah memahami visi dan misi  sekolah  dalam mewujudkan kepemimpinan murid (misalnya dengan mensosialisasikan visi, misi, kebijakan sekolah, program sekolah, dsb).

·       Mengadakan pelatihan bagi para staf pendukung tentang nilai-nilai dan berbagai pendekatan belajar yang dilakukan oleh sekolah, sehingga mereka dapat ikut memodelkan sikap dan perilaku sesuai dengan yang ingin kita kembangkan pada diri anak, dsb (misalnya  pelatihan tentang perlindungan anak, pelatihan tentang protokol kesehatan, dsb)

d.    Komunitas sekitar sekolah

-      Mengajak murid untuk mengenali lingkungan sekitar sekolah mereka

-      Melibatkan lingkungan sekitar dalam berbagai kegiatan pelayanan masyarakat yang digagas oleh murid agar lingkungan juga dapat merasakan dampak dari keberadaan sekolah.

e.     Komunitas sekitar sekolah

-      Menggunakan artikel yang ada dimedia masa untuk memantik rasa ignin tahu murid

-      Melibatkan media untuk mengkomonikasikan dan mempromosikan berbagai aksi inisiatif murid agar berdampak bagi komunitas.


Komentar

Postingan Populer

1.1.a.4. Eksplorasi Konsep - Refleksi Diri Tentang Pemikiran Ki Hadjar Dewantara

Forum Komunikasi Fasilitator dan Peserta Modul 3.2

3.2.a.5. Ruang Kolaborasi - Forum Kelompok