3.3.a.6. Refleksi Terbimbing - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid
3.3.a.6. Refleksi Terbimbing - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid
haloo sahabat blogger,
berikut refleksi terimbing dalam modul 3.3 guru penggerak
semoga bermanfaat ya
- Apa yang menarik bagi Anda setelah mempelajari
pengelolaan program yang berdampak pada murid?
Yang menarik buat saya setelah
mempelajari pengelolaan program yang berdampak pada murid adalah saya menjadi
mengerti bahwa semua kegiatan bersama murid, harusnya murid dilibatkan dalam
perencanaan karena kita ingin mencapai pembelajaran yang berpihak pada murid.
Kegiatan yang melibatkan murid harus dibicarakan dengan murid, murid diminta
untuk bersuara mengemukakan pendapatnya, keinginanya dalam pembelajaran
sehingga murid akan mepunyai rasa memiliki dan akibatnya program akan berjalan
dengan lancar, membuat murid bahagia, dan melaksanakan dengan penuh tanggung
jawab, kreatifitas, kemandirian, sesuai dengan profil Pelajara Pancasila
- Apa yang mengejutkan yang Anda temukan dalam proses
pembelajaran tentang pengelolaan program yang berdampak pada murid?
Yang mengejutkan bahwa ternyata program untuk murid termasuk
pembelajaran yang kita lakukan sehari-hari bersama murid, ternyata bila kita
melibatkan murid dalam perencanaan kegiatan pe,mbelajaran, maka hasilnya diatas
ekspetasi kita, karena ternyata ide-ide murid bisa membuat pembelajarn kita
lebih bermakna dan lebih mengasyikkan dan semua murid bisa mengikuti dengan
baik dan bahagia. Sehingga pembelajaran yang berpihak pada murid, benar-
benar tercapai dan mengadakan pembelajaran sesuai kodrat alam dan jaman.
Hal yang terbaru juga saya temukan
pada Modul Kepemimpinan Berdampak pada Murid dalam pengelolaan pembelajaran
baik intra, ko dan ekstra kurikuler adalah:
Ide digali dan diusulkan oleh siswa
menjadi program sekolah
Program diterapkan dari siswa oleh
siswa untuk siswa dan dievaluasi oleh guru sebagai pendamping.
Program Intra, Ko dan Ekstra
Kurikuler dikemas untuk memberi kesempatan siswa mengembangkan kegiatan yang
kreatif dan menyenangkan.
- Apa yang berubah yang akan Anda lakukan setelah memahami
atau mempelajari materi ini?
Setelah mempelajari dan
memahami materi mengenai pengelolaan program yang berdampak pada murid, saya
akan melakukan beberapa perubahan dalam membuat suatu program, yaitu:
-
Melakukan pemetaan
-
Gali Ide
-
Pengelolaan Data
-
Konsultasi
-
Membentuk Tim Kerja
-
Sosialisasi
-
Launching
Yang akan saya lakukan
setelah mempelajari materi ini adalah saya akan selalu melibatkan murid dalam
perencanaan kegiatan pembelajaran saya di kelas, bahkan saya akan mengajak tiap
kelas untuk merencanakan pembelajaran yang mereka mau, karena bisa jadi antar
kelas juga mempunyai keinginan yang berbeda. Maka pembelajaran yang akan saya
terapkan salah satunya adalah pembelajaran diferensiasi dimana sesuai dengan
minat dan bakat masing-masing anak. Dengan demikian pembelajaran berpihak pada
murid akan tercapai dan murid akan bahagia dalam pembelajara di kelas, sehingga
mendapatkan hasil yang maksimal.
- Apa yang menantang bagi Anda untuk memahami apa yang
disampaikan dalam modul ini?
Yang menantang bagi
saya adalah selalu melibatkan murid dalam perencanaan pembelajaran yang akan
saya lakukan di kelas, yang biasanya saya lakukan perencanaan sendiri tanpa
melibatkan murid.
Hal ini menjadi tantangan tersendiri
buat saya, untuk mengubah pola pikir saya sehingga akan lebih terbuka dengan
murid dalam pembelajaran di kelas.
Berusaha untuk bisa menjadi pendengar
yang baik buat murid-murid saya, supaya bisa menciptakan pembelajaran yang
mengasyikkan dan berpihak pada murid.
- Sumber-sumber dukungan yang saya miliki untuk membantu saya menyusun program yang
berdampak pada murid.
dukungan dari rekan
sejawat karena saya ingin mengadakan pembelajaran kolaborasi. Termasuk dukungan
dari rekan sejawat sebagai wali kelas dari kelas yang saya ajar. Selain itu
yang paling p[enting adalah dukungan dari kepala sekolah dan para wakasek
(managerial sekolah). Selain itu dukungan dari wali murid sehingga bisa
mendukung anak-anaknya untuk bisa mengikuti pembelajaran saya dengan
baik.
Pelatihan- pelatihan yang bisa membuat
saya lebih mempunyai ilmu dan wawsan dalam pelaksanaan program yang berpihak
pada murid. Dan rajin mencari ilmu dan sharring dengan rekan dari sekolah
lain yang mempunyai program yang berdampak pada murid. aMencoba untuk terbiasa berdiskusi dengan murid supaya bisa mengerti apa
yang mereka inginkan dalam pembelajaran yang berpihak pada murid.
Komentar