3.3.a.6. Refleksi Terbimbing - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

3.3.a.6. Refleksi Terbimbing - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

 haloo sahabat blogger,

berikut refleksi terimbing dalam modul 3.3 guru penggerak

semoga bermanfaat ya


  1. Apa yang menarik bagi Anda setelah mempelajari pengelolaan program yang berdampak pada murid? 

Yang menarik buat saya setelah mempelajari pengelolaan program yang berdampak pada murid adalah saya menjadi mengerti bahwa semua kegiatan bersama murid, harusnya murid dilibatkan dalam perencanaan karena kita ingin mencapai pembelajaran yang berpihak pada murid. Kegiatan yang melibatkan murid harus dibicarakan dengan murid, murid diminta untuk bersuara mengemukakan pendapatnya, keinginanya dalam pembelajaran sehingga murid akan mepunyai rasa memiliki dan akibatnya program akan berjalan dengan lancar, membuat murid bahagia, dan melaksanakan dengan penuh tanggung jawab, kreatifitas, kemandirian, sesuai dengan profil Pelajara Pancasila

 

  1. Apa yang mengejutkan yang Anda temukan dalam proses pembelajaran tentang pengelolaan program yang berdampak pada murid? 

Yang mengejutkan bahwa ternyata program untuk murid termasuk pembelajaran yang kita lakukan sehari-hari bersama murid, ternyata bila kita melibatkan murid dalam perencanaan kegiatan pe,mbelajaran, maka hasilnya diatas ekspetasi kita, karena ternyata ide-ide murid bisa membuat pembelajarn kita lebih bermakna dan lebih mengasyikkan dan semua murid bisa mengikuti dengan baik dan bahagia. Sehingga pembelajaran yang berpihak pada murid, benar- benar tercapai dan mengadakan pembelajaran sesuai kodrat alam dan jaman. 

Hal yang terbaru juga saya temukan pada Modul Kepemimpinan Berdampak pada Murid dalam pengelolaan pembelajaran baik intra, ko dan ekstra kurikuler adalah:

Ide digali dan diusulkan oleh siswa menjadi program sekolah

Program diterapkan dari siswa oleh siswa untuk siswa dan dievaluasi oleh guru sebagai pendamping.

Program Intra, Ko dan Ekstra Kurikuler dikemas untuk memberi kesempatan siswa mengembangkan kegiatan yang kreatif dan menyenangkan.

  1. Apa yang berubah yang akan Anda lakukan setelah memahami atau mempelajari materi ini?

Setelah mempelajari dan memahami materi mengenai pengelolaan program yang berdampak pada murid, saya akan melakukan beberapa perubahan dalam membuat suatu program, yaitu:

-      Melakukan pemetaan

-      Gali Ide

-      Pengelolaan Data

-      Konsultasi

-      Membentuk Tim Kerja

-      Sosialisasi

-      Launching

Yang akan saya lakukan setelah mempelajari materi ini adalah saya akan selalu melibatkan murid dalam perencanaan kegiatan pembelajaran saya di kelas, bahkan saya akan mengajak tiap kelas untuk merencanakan pembelajaran yang mereka mau, karena bisa jadi antar kelas juga mempunyai keinginan yang berbeda. Maka pembelajaran yang akan saya terapkan salah satunya adalah pembelajaran diferensiasi dimana sesuai dengan minat dan bakat masing-masing anak. Dengan demikian pembelajaran berpihak pada murid akan tercapai dan murid akan bahagia dalam pembelajara di kelas, sehingga mendapatkan hasil yang maksimal.

 

  1. Apa yang menantang  bagi Anda untuk memahami apa yang disampaikan dalam modul ini?

Yang menantang bagi saya adalah selalu melibatkan murid dalam perencanaan pembelajaran yang akan saya lakukan di kelas, yang biasanya saya lakukan perencanaan sendiri tanpa melibatkan murid. 

Hal ini menjadi tantangan tersendiri buat saya, untuk mengubah pola pikir saya sehingga akan lebih terbuka dengan murid dalam pembelajaran di kelas. 

Berusaha untuk bisa menjadi pendengar yang baik buat murid-murid saya, supaya bisa menciptakan pembelajaran yang mengasyikkan dan berpihak pada murid. 

 

  1. Sumber-sumber dukungan yang saya miliki untuk membantu saya menyusun program yang berdampak pada murid.

dukungan dari rekan sejawat karena saya ingin mengadakan pembelajaran kolaborasi. Termasuk dukungan dari rekan sejawat sebagai wali kelas dari kelas yang saya ajar. Selain itu yang paling p[enting adalah dukungan dari kepala sekolah dan para wakasek (managerial sekolah). Selain itu dukungan dari wali murid sehingga bisa mendukung anak-anaknya untuk bisa mengikuti pembelajaran saya dengan baik. 

Pelatihan- pelatihan yang bisa membuat saya lebih mempunyai ilmu dan wawsan dalam pelaksanaan program yang berpihak pada murid. Dan rajin mencari ilmu dan sharring dengan rekan dari sekolah lain  yang mempunyai program yang berdampak pada murid.  aMencoba untuk terbiasa berdiskusi dengan murid supaya bisa mengerti apa yang mereka inginkan dalam pembelajaran yang berpihak pada murid. 

 

Komentar

Postingan Populer

1.1.a.4. Eksplorasi Konsep - Refleksi Diri Tentang Pemikiran Ki Hadjar Dewantara

Forum Komunikasi Fasilitator dan Peserta Modul 3.2

3.2.a.5. Ruang Kolaborasi - Forum Kelompok