3.3.a.7. Demonstrasi Kontekstual - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

 

3.3.a.7. Demonstrasi Kontekstual - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid


Ketika aku bermimpi sendiri, itu hanyalah sebuah mimpi. Ketika kita bermimpi bersama, itu adalah awal sebuah kenyataan. Ketika kita bekerja bersama, mengikuti mimpi kita, itu adalah penciptaan surga di dunia.

Durasi : 2  JP 
Moda: Mandiri

Tujuan Pembelajaran Khusus: 

CGP dapat mengembangkan ide dari ruang kolaborasi menjadi sebuah prakarsa perubahan dalam bentuk rencana program/kegiatan yang memanfaatkan model manajemen perubahan BAGJA dalam rangka menggalang dukungan, mengarahkan proses dialog, dan mendorong kolaborasi bersama murid, guru, kepala sekolah, atau anggota lain dalam komunitas sekolahnya.

    Pertanyaan Pemantik  

    • Bagaimana kerangka BAGJA dapat membantu perencanaan program/kegiatan intrakurikuler, atau ekstrakurikuler, atau ko-kurikuler?
    • Apa saja yang perlu dipertimbangkan dalam menyusun perencanaan program/kegiatan intrakurikuler, atau ekstrakurikuler, atau ko-kurikuler?
    • Siapa saja yang perlu dilibatkan dalam menyusun perencanaan program/kegiatan intrakurikuler, atau ekstrakurikuler, atau kokurikuler?


    Selamat bertemu kembali bapak/Ibu CGP. Semoga Bapak/Ibu senantiasa sehat dan semangat mengikuti program pembelajaran guru penggerak ini. Saat ini Bapak/Ibu telah sampai pada tahapan pembelajaran ke-6.  Dalam tahapan ini, Bapak/Ibu CGP akan membuat perencanaan program/kegiatan yang lebih detail di sekolah masing-masing. Jika pada tahapan Demonstrasi Kontekstual Bapak/Ibu baru sebatas mengeksplorasi gagasan dan membuat gambaran umum, di tahapan ini Bapak/ibu CGP akan mencoba membuat rencana perubahan terkait dengan program/kegiatan yang ingin Bapak/Ibu terapkan. Bapak/Ibu CGP dapat memilih apakah kegiatan atau program yang ingin dirancang adalah kegiatan atau program intrakurikuler, ekstrakurikuler, atau ko-kurikuler. Hal terpenting adalah saat merancang program/kegiatan tersebut,  Bapak/Ibu CGP harus menggambarkan suara, pilihan, kepemilikan murid, serta mengembangkan satu atau lebih karakteristik lingkungan yang mendukung tumbuhkembangnya kepemimpinan murid. 

    Bapak/Ibu CGP dapat memanfaatkan ide-ide yang telah didiskusikan dalam tahap ruang kolaborasi untuk menyusun rumusan prakarsa perubahan bagi sekolah Bapak/Ibu sendiri. Kemudian, menggunakan kerangka manajemen perubahan BAGJA (yang telah dipelajari di modul-modul sebelumnya) dengan menyusun pertanyaan dan apa yang harus dilakukan dalam setiap tahapan BAGJA dengan mempertimbangkan:

    • poin-poin mana dalam komponen Profil Pelajar Pancasila yang dapat dikembangkan melalui program/kegiatan ini,
    • aset dan kekuatan mana yang telah dimiliki sekolah dan dapat dimanfaatkan untuk mewujudkan program/kegiatan ini,
    • mana saja karakteristik lingkungan yang mendukung tumbuhkembangnya kepemimpinan murid yang dapat dibangun melalui program/kegiatan ini.
    • bagaimana suara, pilihan, dan kepemilikan murid akan diwujudkan melalui program/kegiatan ini.

    Untuk lebih memandu Bapak/Ibu CGP dalam melakukan tugas ini, silakan Bapak/Ibu menggunakan tautan contoh format BAGJA berikut ini. 


    Komentar

    Postingan Populer

    1.1.a.4. Eksplorasi Konsep - Refleksi Diri Tentang Pemikiran Ki Hadjar Dewantara

    Forum Komunikasi Fasilitator dan Peserta Modul 3.2

    3.2.a.5. Ruang Kolaborasi - Forum Kelompok