3.3.a.7. Demonstrasi Kontekstual - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid
- Dapatkan link
- Aplikasi Lainnya
Rencana Perubahan Program yang berdampak pada murid
Proyek Kolaborasi Biologi- Bahasa Indonesia - Bahasa Inggris
DASAR FILOSOFI KHD | Maksud pengajaran dan pendidikan yang berguna untuk perikehidupan bersama adalah memerdekakan manusia sebagai anggota persatuan (rakyat). | |||||
POIN/KOMPONEN PROFIL PELAJAR PANCASILA YANG DIKEMBANGKAN | Mampu bergotong royong. Kepemimpinan murid memungkinkan murid untuk terlibat dan berinteraksi dengan orang lain, bekerjasama dan berkontribusi dalam masyarakat yang lebih luas. Kreatif, karena murid dapat membuat drama kolabotrasi Biologi-bahasa Indonesia dan bahasa inggris. | |||||
KARAKTERISTIK LINGKUNGAN PENDUKUNG TUMBUHNYA KEPEMIMPINAN MURID YANG AKAN DIKEMBANGKAN | Lingkungan yang melatih ketrampilan yang dibutuhkan murid dalam proses pencapaian tujuan akademik maupun non akademik. | |||||
PRAKARSA PERUBAHAN | Program Proyek Kolaborasi Pembuatan Drama (Kolaborasi antara pembelajaran Biologi-bahasa Indonesia dan bahasa Inggris) | |||||
TAHAPAN | PERTANYAAN | TINDAKAN YANG DIPERLUKAN UNTUK MENDAPATKAN JAWABAN | RENCANA UNTUK MELIBATKAN SUARA/PILIHAN/KEPEMILIKAN MURID | ASET/KEKUATAN/SUMBERDAYA YANG DAPAT DIBERDAYAKAN PADA TAHAP INI | WAKTU YANG DIPERLUKAN | PENANGGUNG JAWAB TAHAP INI |
B-uat pertanyaan utama (Define)
| Bagaimana kita dapat meningkatkan team work antar murid, kreatifitas digital yang merupakan ketrampilan yang sangat diperlukan murid untuk pencapaian tujuan akademik dan non akademik? | Diskusi bersama dengan Guru mata pelajaran lain yaitu Guru Bahasa Indonesia dan Guru Bahasa Inggris untuk membuat proyek kolaborasi pembuatan Drama yang didalam memuat kompetensi dasar 3 mata pelajaran tersebut. | Melakukan diskusi murid dalam kelompok dan tiap kelompok mempresentasikan rencana pembuatan proyek Drama kolaborasi. Memberikan kesempatan untuk murid untuk memilih materi Biologi dan pembuatan skenario drama yang mereka inginkan. Meminta murid untuk mengupload video drama kelompok nya di chanel You Tube salah satu anggota kelompok, agar bisa ditonton dan bermanfaat untuk murid-murid laain baik satu sekolah maupun sekolah lain. |
| 1 hari | CGP sendiri dan rekan Guru kolaborasi |
A-mbil pelajaran (Discover)
|
| Pembentukan kelompok secara adil sehingga diusahakan semua murid dapat bekerja dalam kelompok (team work yang baik) Ketrampilan digitalisasi, ketrampilan membuat drama yang menarik, menguasai materi dengan baik. Kreativitas digital sangat diperlukan bagi murid dimas sekarang dan yang akan datang pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi. | Melibatkan murid dalam perencanaan pembelajaran. Melatih murid untuk bisa mengkolaborasi 3 pelajaran menjadi sebuat proyek drama yang spektakuler. Memberikan murid kesempatan untuk memilih kelompok Memberikan kesempatan untuk murid membuat drama proyek kolaborasi
Meminta murid meng upload video You tube hasil tugas kolaborasi ketiga pelajaran.
| Internet Rekan Guru yang kolaborasi Perpustakaan Buku paket Video Youtube | 2 hari | CGP sendiri dan rekan Guru kolaborasi |
G-ali mimpi (Dream)
|
| Mengadakan presentasi dan diskusi rencana drama yang akan ditampilkan Murid menjadi bisa bekerja dalam tim (team work) dan murid mempunyai kemampuan ketrampilan kreativits digital yang baik dan bisa digunakan pada pendidikan selanjutnya. | Memilih dan menentukan tema drama Membuat skenario drama kolaborasi Ketiga guru yang berkolaborasi membuat analisis Kompetensi Dasar Video drama yang sudah di upload di You Tube akan bermanfaat bagi seluruh siswa di Indonesia Keberhasilan proyek kolaborasi bisa menjadi inspirasi pembelajaran bagi rekan Guru di sekolah lain. | Internet Rekan Guru yang kolaborasi Perpustakaan Buku paket Video Youtube |
J-abarkan rencana (Design)
|
| Ketiga Guru membuat analisis kompetensi dasar ketiga mata pelajaran yang berkolaborasi Ketiga Guru memberikan arahan kepada murid Guru dan murid membuat kelompok proyek Guru mengajak diskusi murid untuk bisa memilih dan mempresentasikan rencana drama kolaborasi Murid mempunyai ketrampilan digital, upload video di salah satu chanel You tube anggota kelompok Proyekm kolaborasi ini bisa menjadi inspirasi bagi pembelajaran di sekolah lain. | Memilih dan menentukan tema drama Membuat skenario drama kolaborasi Ketiga guru yang berkolaborasi membuat analisis Kompetensi Dasar Video drama yang sudah di upload di You Tube akan bermanfaat bagi seluruh siswa di Indonesia Keberhasilan proyek kolaborasi bisa menjadi inspirasi pembelajaran bagi rekan Guru di sekolah lain | Internet Rekan Guru yang kolaborasi Perpustakaan Buku paket Video Youtube | 5 hari | CGP Wali kelas Murid yang mewakili kelasnya |
A-tur eksekusi (Deliver)
|
| * yang menetukan tema besar adalah Guru, tapi untuk pemilihan sub materidiserahkan kepada murid. Semua murid wajib belajar kreativitas digital, karena sangat bermanfaat untuk jenjang selanjutnya. | * Menyediakan ruang diskusi untuk semua murid agar dapat menggunakan kreatifitas digital. Memberikan pengetahuan tentang kreatifitas digital | Internet Rekan Guru yang kolaborasi Perpustakaan Buku paket Video Youtube | 1 minggu |
- Dapatkan link
- Aplikasi Lainnya
Komentar