3.3.a.7. Demonstrasi Kontekstual - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

 Rencana Perubahan Program yang berdampak pada murid 

Proyek Kolaborasi Biologi- Bahasa Indonesia - Bahasa Inggris






DASAR FILOSOFI KHD



Maksud pengajaran dan pendidikan yang berguna untuk perikehidupan bersama adalah memerdekakan manusia sebagai anggota persatuan (rakyat).





POIN/KOMPONEN PROFIL PELAJAR PANCASILA YANG DIKEMBANGKAN

Mampu bergotong royong. Kepemimpinan murid memungkinkan murid untuk terlibat dan berinteraksi dengan orang lain, bekerjasama dan berkontribusi dalam masyarakat yang lebih luas.

Kreatif, karena murid dapat membuat drama kolabotrasi Biologi-bahasa Indonesia dan bahasa inggris.


KARAKTERISTIK LINGKUNGAN PENDUKUNG TUMBUHNYA KEPEMIMPINAN MURID YANG AKAN DIKEMBANGKAN




Lingkungan yang melatih ketrampilan yang dibutuhkan murid dalam proses pencapaian tujuan akademik maupun non akademik.





PRAKARSA PERUBAHAN




Program Proyek Kolaborasi Pembuatan Drama (Kolaborasi antara pembelajaran Biologi-bahasa Indonesia dan bahasa Inggris)





TAHAPAN





PERTANYAAN




TINDAKAN YANG DIPERLUKAN UNTUK MENDAPATKAN JAWABAN




RENCANA UNTUK MELIBATKAN SUARA/PILIHAN/KEPEMILIKAN MURID



ASET/KEKUATAN/SUMBERDAYA YANG DAPAT DIBERDAYAKAN PADA TAHAP INI





WAKTU YANG DIPERLUKAN





PENANGGUNG JAWAB TAHAP INI

B-uat pertanyaan utama (Define)


  • Membuat pertanyaan utama yang akan menentukan arah investigasi kekuatan/potensi/ peluang;

  • Menggalang atau membangun koalisi tim perubahan



Bagaimana kita dapat meningkatkan team work antar murid, kreatifitas digital yang merupakan ketrampilan yang sangat diperlukan murid untuk pencapaian tujuan akademik dan non akademik?

Diskusi bersama dengan Guru mata pelajaran lain yaitu Guru Bahasa Indonesia dan Guru Bahasa Inggris untuk membuat proyek kolaborasi pembuatan Drama yang didalam memuat kompetensi dasar 3 mata pelajaran tersebut.


Melakukan diskusi murid dalam kelompok dan tiap kelompok mempresentasikan rencana pembuatan proyek Drama kolaborasi.

Memberikan kesempatan untuk murid untuk memilih materi Biologi dan pembuatan skenario drama yang mereka inginkan.

Meminta murid untuk mengupload video drama kelompok nya di chanel You Tube salah satu anggota kelompok, agar bisa ditonton dan bermanfaat untuk murid-murid laain baik satu sekolah maupun sekolah lain.





  • Murid-murid

  • Rekan guru kolaborasi







1 hari






CGP sendiri dan rekan Guru kolaborasi



A-mbil pelajaran (Discover)


  • Menyusun pertanyaan lanjutan untuk menemukenali kekuatan/potensi/peluang lewat investigasi;

  • Menentukan bagaimana cara kita menggali fakta, memperoleh data, diskusi kelompok kecil/besar, survei individu, multi unsur

  • Aktivitas apa saja yang dapat meningkatkan team work antar murid?

  • Ketrampilan apa yang harus dikuasai murid untuk mencapai tujuan akdemik atau non akademik?

  • Apakah kreativitas digital sangat diperlukan oleh murid-murid kita untuk jenjang pendidikan selanjutnya?

Pembentukan kelompok secara adil sehingga diusahakan semua murid dapat bekerja dalam kelompok (team work yang baik)


Ketrampilan digitalisasi, ketrampilan membuat drama yang menarik, menguasai materi dengan baik.


Kreativitas digital sangat diperlukan bagi murid dimas sekarang dan yang akan datang pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi.




Melibatkan murid dalam perencanaan pembelajaran.

Melatih murid untuk bisa mengkolaborasi 3 pelajaran menjadi sebuat proyek drama yang spektakuler.

Memberikan murid  kesempatan untuk memilih kelompok

Memberikan kesempatan untuk murid membuat drama proyek kolaborasi

 

Meminta murid meng upload video You tube hasil tugas kolaborasi ketiga pelajaran.

 

 



Internet

Rekan Guru yang kolaborasi

Perpustakaan

Buku paket

Video Youtube




















2 hari


















CGP sendiri dan rekan Guru kolaborasi



G-ali mimpi (Dream)


  • Menyusun deskripsi kolektif bilamana inisiatif terwujud;

  • Mengalokasikan kesempatan untuk berproses bersama, multi unsur (kapan, di mana, siapa saja).



  • Seperti apa bentuk kegiatan untuk menumbuhkan team work dan kreatifitas digital pada murid?


  • Dampak positif yang akan didapatkan jika program ini terwujud dan berjalan baik?

Mengadakan presentasi dan diskusi rencana drama yang akan ditampilkan


Murid menjadi bisa bekerja dalam tim (team work) dan murid mempunyai kemampuan ketrampilan kreativits digital yang baik dan bisa digunakan pada pendidikan selanjutnya.

Memilih dan menentukan tema drama

Membuat skenario drama kolaborasi


Ketiga guru yang berkolaborasi membuat analisis Kompetensi Dasar


Video drama yang sudah di upload di You Tube akan bermanfaat bagi seluruh siswa di Indonesia


Keberhasilan proyek kolaborasi bisa menjadi inspirasi pembelajaran bagi rekan Guru di sekolah lain.


Internet

Rekan Guru yang kolaborasi

Perpustakaan

Buku paket

Video Youtube






J-abarkan rencana (Design)


  • Mengidentifikasi tindakan konkret yang diperlukan untuk menjalankan langkah-langkah kecil sederhana yang dapat dilakukan segera,dan langkah berani/terobosan yang akan memudahkan keseluruhan pencapaian;

  • Menyusun definisi kesuksesan pencapaian (tujuan, capaian, luaran)

  • Apa yang dilakukan oleh guru yang mempunyai proyek kolaborasi?

  • Apa yang dilakukan murid untuk melaksanakan program proyek kolaborasi?

  • Aapakah tujuan capaian yang akan diraih dalam pelaksanaan program proyek kolaborasi ini?


Ketiga Guru membuat analisis kompetensi dasar ketiga mata pelajaran yang berkolaborasi

Ketiga Guru memberikan arahan kepada murid

Guru dan murid membuat kelompok proyek

Guru mengajak diskusi murid untuk bisa memilih dan mempresentasikan rencana drama kolaborasi

Murid mempunyai ketrampilan digital, upload video di salah satu chanel You tube anggota kelompok

Proyekm kolaborasi ini bisa menjadi inspirasi bagi pembelajaran di sekolah lain.


Memilih dan menentukan tema drama

Membuat skenario drama kolaborasi


Ketiga guru yang berkolaborasi membuat analisis Kompetensi Dasar


Video drama yang sudah di upload di You Tube akan bermanfaat bagi seluruh siswa di Indonesia


Keberhasilan proyek kolaborasi bisa menjadi inspirasi pembelajaran bagi rekan Guru di sekolah lain

Internet

Rekan Guru yang kolaborasi

Perpustakaan

Buku paket

Video Youtube















5 hari




















CGP

Wali kelas

Murid yang mewakili kelasnya

A-tur eksekusi (Deliver)


  • Menentukan siapa yang berperan/ dilibatkan dalam pengambilan keputusan;

  • Mendesain jalur komunikasi dan pengelolaan rutinitas (misal: protokol, rutinitas, knowledge management, monev/refleksi)


  • Siapa yang menentukan pemilihan sub materi Biologi untuk drama?

  • Bagaimana supaya semua murid mempunyai ketrampilan kreatifitas digotal?



* yang menetukan tema besar adalah Guru, tapi untuk pemilihan sub materidiserahkan kepada murid. 

Semua murid wajib belajar kreativitas digital, karena sangat bermanfaat untuk jenjang selanjutnya. 



* Menyediakan ruang diskusi untuk semua murid agar dapat menggunakan kreatifitas digital.


Memberikan pengetahuan tentang kreatifitas digital

Internet

Rekan Guru yang kolaborasi

Perpustakaan

Buku paket

Video Youtube







1 minggu


Komentar

Postingan Populer

1.1.a.4. Eksplorasi Konsep - Refleksi Diri Tentang Pemikiran Ki Hadjar Dewantara

Forum Komunikasi Fasilitator dan Peserta Modul 3.2

3.2.a.5. Ruang Kolaborasi - Forum Kelompok