Postingan

3.3.a.7. Demonstrasi Kontekstual - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

  3.3.a.7. Demonstrasi Kontekstual - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid Tujuan Pembelajaran Khusus:  CGP dapat mengembangkan ide dari ruang kolaborasi menjadi sebuah prakarsa perubahan dalam bentuk rencana program/kegiatan yang memanfaatkan model manajemen perubahan BAGJA dalam rangka menggalang dukungan, mengarahkan proses dialog, dan mendorong kolaborasi bersama murid, guru, kepala sekolah, atau anggota lain dalam komunitas sekolahnya. DASAR FILOSOFI KHD Maksud pengajaran dan pendidikan yang berguna untuk perikehidupan bersama adalah memerdekakan manusia sebagai anggota persatuan (rakyat). POIN/KOMPONEN PROFIL PELAJAR PANCASILA YANG DIKEMBANGKAN Mampu bergotong royong. Kepemimpinan murid memungkinkan murid untuk terlibat dan berinteraksi dengan orang lain, bekerjasama dan berkontribusi dalam masyarakat yang lebih luas. Kreatif, karena murid dapat membuat drama kolabotrasi Biologi-bahasa Indonesia dan bahasa inggris. KARAKTERISTIK LINGKUNGAN PENDUKUNG TUMBUHNYA KEPEMIMPINAN

3.3.a.7. Demonstrasi Kontekstual - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

  3.3.a.7. Demonstrasi Kontekstual - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid Ketika aku bermimpi sendiri, itu hanyalah sebuah mimpi. Ketika kita bermimpi bersama, itu adalah awal sebuah kenyataan. Ketika kita bekerja bersama, mengikuti mimpi kita, itu adalah penciptaan surga di dunia. Durasi :  2    JP  Moda:  Mandiri Tujuan Pembelajaran Khusus:  CGP dapat mengembangkan ide dari ruang kolaborasi menjadi sebuah prakarsa perubahan dalam bentuk rencana program/kegiatan yang memanfaatkan model manajemen perubahan BAGJA dalam rangka menggalang dukungan, mengarahkan proses dialog, dan mendorong kolaborasi bersama murid, guru, kepala sekolah, atau anggota lain dalam komunitas sekolahnya. Pertanyaan Pemantik   Bagaimana kerangka BAGJA dapat membantu perencanaan program/kegiatan intrakurikuler, atau ekstrakurikuler, atau ko-kurikuler? Apa saja yang perlu dipertimbangkan dalam menyusun perencanaan program/kegiatan intrakurikuler, atau ekstrakurikuler, atau ko-kurikuler? Siapa saja yang per

3.3.a.6. Refleksi Terbimbing - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

3.3.a.6. Refleksi Terbimbing - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid  haloo sahabat blogger, berikut refleksi terimbing dalam modul 3.3 guru penggerak semoga bermanfaat ya Apa yang menarik  bagi Anda setelah mempelajari pengelolaan program yang berdampak pada murid?  Yang menarik buat saya setelah mempelajari pengelolaan program yang berdampak pada murid adalah saya menjadi mengerti bahwa semua kegiatan bersama murid, harusnya murid dilibatkan dalam perencanaan karena kita ingin mencapai pembelajaran yang berpihak pada murid. Kegiatan yang melibatkan murid harus dibicarakan dengan murid, murid diminta untuk bersuara mengemukakan pendapatnya, keinginanya dalam pembelajaran sehingga murid akan mepunyai rasa memiliki dan akibatnya program akan berjalan dengan lancar, membuat murid bahagia, dan melaksanakan dengan penuh tanggung jawab, kreatifitas, kemandirian, sesuai dengan profil Pelajara Pancasila   Apa yang mengejutkan  yang Anda temukan dalam proses pembel

JURNAL REFLEKSI MINGGU KE-24

  J URNAL REFLEKSI MINGGU KE-24 Oleh RINDA SRI MUNYI CGP angkatan  4  Kabupaten  Kerinci   1.        Apa yang telah saya pahami tentang konsep kepemimpinan murid (student agency?) tentang pengelolaan program yang berdampak pada murid, bahwa pemahaman saya mengenai kepemimpinan murid adalah bahwa kepemimpinan murid merupakan sikap dan perilaku yang dapat kita dorong, murid mampu mengambil kepemilikan dan tanggung jawab atas proses pembelajaran mereka sendiri, murid memiliki suara dan pilihan atas apa yang akan mereka pelajari, bagaimana mereka belajar dan menngelola pembelajaran mereka, murid dapat memilih arah dan cara untuk mencapai tujuan pembelajaran yang mereka harapkan. Tugas kita adalah mendorong mendorong murid agar tetap memiliki semangat dan motifasi dalam pengelolaan diri agar terbentuk konsep kepemimpinan pada murid.   2.       Bagaimana saya dapat mendorong dan mempromosikan suara, pilihan, dan kepemilikan murid di kelas saya? Untuk menumbuhkan jiwa dan pe

1.2.a.5.2 Ruang Kolaborasi - Unggah Tugas Nilai dan Peran Guru Penggerak

Gambar
  1.2.a.5.2 Ruang Kolaborasi - Unggah Tugas Nilai dan Peran Guru Penggerak